TKW jadi bini BULE

sambungan dari, TKW jadi bini BULE (bagian 1)

link di bawah ini :

https://istribulebagus.wordpress.com/2016/03/17/tkw-jadi-bini-bule-4/

by : Ima Van Dam

24 agustus 2005,

Aku berkemas-kemas barangku, waktu aku datang hanya bawa 1 tas berisi sebuah mukena dan sejadah serta Al-qur’an dan 5 stel pakaian, setelah hampir 5th di sini barang-barangku banyak sekali! Baju-baju bermerek yg semuanya di belikan Jenny (sebelumnya gak pernah aku beli baju bermerek) bahkan masih ada 1 lusin alias 12 biji BRA dan Celana- dalam setelan, dari 1 tas jadi 6 tas penuh banget sampai susah menutup resleting tiap tas (namun wkt itu memang gak punya koper gede dan jenny jg gak ada koper gede) akhirnya aku berkemas seadanya dan berencana nanti minta tolong agent untuk beliin koper gede. Gajiku cuma tingga 1 bulan ini, tapi Jenny bilang dia yg nanggung tiket pesawat jadi gak perlu khawatir dan memang gak bisa di ulur-ulur lagi waktunya untuk aku segera pulang krn Jenny jg sudah booking tiket ke Amerika dan Rumah bungalow itu on SALE !

Dengan berat hati kami saling berpelukan, aku menangis tersedu-sedu karena selama hampir 5 tahun aku bekerja pada Jenny tak pernah aku merasa di perlakukan seperti pembantu tp aku merasa selayaknya sahabat yg sangat dekat bahkan seperti saudara ! Tiap kali ke Restoran aku pasti di bawa, jalan-jalan ke Singapor zoo dan safari , ke Marina square, ke Mall dll pokoknya Keluarga ini sangat-sangat baik sekali! Jenny dia juga meneteskan air mata dan berkata :

“right stop crying now, i dont want to see that sad face on you siti, everything gonna be allrite, i am so sorry you have to go home this way”

“no, dont…dont be, dont be sorry, i am glad to have you as my employer, you tough me a lot-a lot things ! how to work, how to write and how to speak english better ! you treat me really well i’ll never forget that! ”

“alrite then, are you ready to go now?”

“yes…lets go”

Jenny pun mengantarku ke Rumah agent dan kami pun tiba di rumah agent… ketemu lagi dg Mr.Ang,

“Hello Siti, meet you again! oooh hoho you look pretty now, long hair very nice” kata mr.Ang.

“Hello sir, good afternoon”kataku.

“Oke bring your thing in and come back here we need to talk”kata mr.ang lagi.

akupun bawa masuk barang-barang, selain 6 tas ternyata Jenny membelikanku banyak sekali cemilan, 4 kaleng biscuit Hong Guan, 5 kaleng jumbo srpingless potato cips, 1 kresek kitkat,dll banyak banget ! setelah semua barang-barang aku taruh di lantai atas (tempat para tkw tidur selama menunggu di jemput majikan) akupun balik ke kantor di mana Jenny dan mr.Ang menungguku.

“well siti, tell me wich airport near to your home?” tanya mr.Ang

“Surabaya airport sir” jawabku

Jenny dan mr.Ang ngobrol dan…

“ok siti your madam buy you a ticket to go home, and she said you always send all your salary to your family every month, so left this month salary only correct?” koreksi mr.Ang

aku cuma mengangguk senyum-senyum hehe…

“oke, here your 1 month salary $240 (singapor dolar) and…your madam give you extra money $1000 (singapor dolar)”

aku jadi meneteskan air mata terharu kerena aku tidak menyangka Jenny memberiku uang sebanyak itu di luar gaji pokokku. Aku peluk jenny lagi dan dia menciumku dan berkata…

“be good siti, you very good girl remember save some money for yourself and good luck on whatever you do next” kata jenny

“Thanks a lot Jenny, thank you so much, good luck to you, be safe back to America and say my hello to Ryan” kataku

 

Setelah Jenny pergi, aku bilang ke mr.Ang aku butuh koper gede dan dia pun membantuku beli koper gede, ticket pesawat ke surabaya sudah di booking and mr.ang jg membelikan kartu telpon untukku jadi aku bisa menelpon ibuku di kampung (lewat telpon tetangga namanya mas Rudi).

tuut…tuuut…aku mendengar nada tunggu di seberang sana,

“halo mas Rudi, iki aku siti di singapor iso tolong jemput emmakku?”

“oh dek siti, iyo iyo, tak tutup sek yo, nelpon neh 20 menit yo”

“oke mas, suwun yo” kataku, 20menit berlalu aku menelpon lagi

“halo assalamualaikum” ku dengar suara ibu di seberang sana

“waalaikum salam bu”

“kok tumben baru 5hari udah nelpon lagi, biasanya kan seminggu sekali, kamu baik2 aja ndok?”

“alhamdulillah sehat bu, disana gimana kabarnya?semuanya baik?”

“alhamduillah semuanya sehat ndok”

“ini bu aku lusa udah pulang, udah beli tiketnya ntar turun di bandara Juanda-Surabaya bu”

“loh, kok mendadak toh ndok?”

“ea bu, majikan meninggal dunia jadi istrinya balik ke amerika ya aku jg harus pulang bu”

“innalillaahi wainna ilaihi roojiu’un” kata ibuku

“bu kasih telponnya ke mas Rudi biar mas rudi catat jam berapa aku nyampe di surabaya biar bisa di jemput tepat waktu, nyalter mobil aja ya bu biar gak cape naik bis nya”

“halo dek siti”kata mas Rudi

“iyo mas, iki tolong di catet yo aku lusa udah nyampe juanda”

“loh mulih toh?”tanya mas Rudi

“iyo mas, cepet ambil kertas dan bolpen ntar keburu kartu telponku habis”

“iyo-iyo, jam piro dino opo?

“jam 7 bengi mas, besok lusa tanggal 26 mas, pas dino jumat”

“iyo-iyo, iki waktu indonesia opo waktu singapor jam 7 iki?”

“iku wes waktu Surabaya mas, eh tolong sekalian jemput yo mas nyalter mobilmu iso toh?”

“oh, iyo-iyo dek, siip beres pokok e, iki tak kasih emmakmu lg yo”

“bu, ya udah ya bawa semuanya ya bu, bapak dan adik-adik jemput ke juanda pake mobilnya mas Rudi tadi aku udah bilang ke mas Rud”

“oh iya ndok, nah pengen tak bawain apa nanti biar bisa di makan pas udah nyampe di juanda ndok?”

“bikinin Tahu kecap dan lontong trus peyek kedelai ya bu”

“iya ndok iya, wes ya…? ”

“iya bu, jangan lupa loh jangan telat jemputnya, assalamualaikum bu”

“walaikumsalam”jawab ibuku

tuuuuuttttt…..tanda telpon sudah putus.

“happy ho, going home soon” kata mr.Ang bercanda

“well actually i dont want to go home yet sir, need more money”

“yea i know siti, but your pasport expired soon either so you need to go back to Indonesia to renew your pasport and you can come back again work in singapore”

“oh yea you rite”kataku gembira

“i tell you what, you can paid $500 now to get you a job while you home and renew your pasport and in return when you back here you straight away got full salary no deduction!”

“and how i gonna back? do i have to go back to the same company i went before?”

“no, you can come to any company not necessary the same one before i will give you the list wich company work with our agency oke?”

“oke then, that maybe easier”

dan akupun menandatangani surat perjanjian bla bla bla aku bayar di muka sementara aku pulkam,rencana sih cuma 1 bulan di kampung trus ke jakarta nyari Pt yg kerja sama dg GH agency lalu balik lagi ke singapura.

Tiba saatnya aku meninggalkan negeri singa ini, dg di antar mr.Ang ke Cangi airport aku pun tiba di Cangi airport. Mr.Ang menukarkan sisa uang yg aku miliki waktu itu, dia mengantarku sampai ke area dimana dia tidak bisa lagi mendampingiku. Mr.Ang menunjukkan tiket memberitahuku dg detail harus lewat gate mana dll, aku pun berterima kasih tas semua bantuan mr.Ang

“oke i only can take you up to here siti, take care oke” kata mr.Ang sambil merangkulku dan mencium pipiku sebagai tanda goodbye

“thank you sir, thanks for everything and see you in a view month”

“bye siti”

“bye sir”

aku pun check in, berhubung gate nya sudah buka aku tak menunda-nunda waktu akupun masuk dg hanya bawa tas kecil karena koper gede ku masuk bagasi. Dalam pesawat aku merasa tenang sekali karena aku tau aku akan kembali ke singapor untuk bekerja lagi, jadi sekarang pulkam itung-itung cuti jumpa keluarga. Dengan jarak tempuh sekitar 2 jam 20 menit (singapura-surabaya) aku pun tiba di bandara Juanda pada hari jumat malam sabtu jam 8 malam aku sudah berada di ruang tunggu menunggu jemputan.

“mbak taxi? nyalter mobilku aja yuk mbak” kata seseorang tak di kenal

“nggak mas, makasih aku di jemput kok” kataku

“wah udah jam 8 neh mbak, sudah gak ada penerbangan loh terakhir jam 7 tadi, orang-orang udah pada pulang tuh, kok si mbak ini yg jemput blm datang jg?”

aku jadi tolah toleh (dalam hati berkata, ea juga sih satu persatu orang-orang sudah pada di jemput dan makin sepi neh) tapi aku pura-pura tenang padahal deg-deg-an juga neh liat mas-mas yg sok nawarin calteran bergerombol dg beberapa laki-laki yg lain kelihatannya serrem-serrem tuh orang. sambil terus tolah toleh aku liat ada wartel deket pos satpam aku pun hendak menghampiri wartel itu sambil menyeret koper gedeku, eh eh ternyata wartelnya sudah tutup!

“mbak mau nelpon? mau pinjam hpku nggak?” kata orang tak di kenal tadi

“ea neh aku mau nelpon, mau ngecek yg jemput aku pada kemana kok blm nongol juga udah hampir jam 9 ini” kataku (waktu itu aku blm punya hp)

“ya udah pake hp ku aja mbak”

“ea tapi aku g ada uang buat bayar pulsa mas, krn udah transfer ke rekening bapakku sebelum aku pulang kemaren”

“ah gampang itu mbak, urusan nanti itu kan kalau yg jemput situ datang bisa bayarin?”

“beneran neh mas g apa-apa?” tanyaku lg (jujur benar-benar terpaksa neh) akhirnya aku pun pake hp si mas itu nelpon nomer hp mas Rudi,

“halo mas Rud, masih di mana neh? udah mau jam 9 dsni tambah sepi semuanya udah pada di jemput tinggal aku doang neh mas”

“iyo-iyo dek siti, maaf banget tadi ban nya pecah pas di jalan malah barusan pake kesasar pula, ini udah deket paling 15 menit lagi nyampe, sampeyan tunggu di ruang satpam ae biar gak di gangguin orang-orang nakal, hati-hati yo”

“iyo iki aku jd rada takut mas soalnya udah sepi neh bandaranya”

“iyo-iyo 15 menit dek yo sabar”

“iyo wes, iki hp nya orang mas, aku pinjam”

“iyo wes ati-ati”

akupun tutup telponnya,

“gimana mbak? udah nyampe mana yg jemput? kalo masih lama mending kita aja yg nganter mbak gimana?” kata mas yg punya hp td

“aduuuh gak deh mas makasih, orang aku udah di jemput masa di anter si mas nya nanti ibu aku bingung dong mas, lagian udah deket kok 15 menit lg nyampe katanya”

mas itu pun berlalu dg muka seremmm…aku jd risih dan merinding deh, aku pun masuk ke ruangan satpam

“pak, pak boleh aku disini nggak? yg jemput aku katanya 15 menit lg baru tiba”

“oh ea mbak, silahkan” kata salah satu satpam

tiba-tiba salah satu satpam itu bertanya hal yg bagiku agak nyeleneh,

“mbak, masih perawan ya?  umur berapa?”

“kalo di liat dari postur tubuh kayaknya masih seger neh” bisik satpam yg lain

aku jadi gerah banget, yg niatnya mau berlindung malah berasa masuk ke sarang harimau, akupun keluar dari tempat itu, dan berdiri sendirian sedikit menjauh dari post satpam. 20 menit berlalu tak jua kelihatan neh keluargaku dan jg mas Rudi yg katanya cuma 15 menit nyampe. tiba-tiba segerombolan mas-mas tadi termasuk yg minjamin hp ke aku datang mengelilingi tempat aku berdiri, aku jd begidik rada takut…

“tuh kan katanya 15 menit mana…kok blm jg dtg? jangan-jangan mereka nyasar mbak, ayo ikut kita aja, kita antar kok”

“iiiihhh gak usah deh!” celetukku berontak ketika mereka menarik-narik tangan dan koperku

“kalian ini mau apa sih?! aku loh gak ada uang sama sekali! dan dlm koper ini cuma baju-baju aja gak ada yg berharga kalo mau koperku ya udah sana ambil! jangan ganggu aku!” teriakku

“eh si mbak marak orang kita tadi baik-baik kok mbaknya marah-marah gitu jangan sok ya mbak kita loh bisa kasar sam mbak!” gertak salah satu mas itu sambil bisik-bisik bahasa madura yg kebetulan bahasa sehari-hari aku di ruma dg keluargaku, aku pun bicara dlm bahasa madura dg nada keras, mereka kaget karena aku bisa bahasa madura.

“kamu orang madura?”

“ea aku orang madura mang kenapa?”

“weh pantesan gak penakut”

mereka malah menarik-narik aku…dan

“hey! lepaskan! dia adikku!” tiba-tiba mas Rudi sudah di belakang mereka dan mereka kabur pas lihat mas Rudi datang.

mas Rudi langsung memelukku “kamu gak apa-apa?”

“gak mas, aku baik-baik aja kok”

sambil mas Rudi memutari badanku ,

“apaan sih mas, muter-muter gitu”

“gak aku cuma mau pastiin kamu baik-baik aja, gak di apa-apain kan sama preman-preman tadi?”

“gak lah mas, tadi untung mas cepat datang, ibuku mana?”

belum sempat mas Rudi jawab aku sudah melihat mereka berlari ke arahku, ibu, bapak, dan 2 adikku

“Ya Allah…kamu baik-baik aja kan?” kata ibu dan bapakku sambil menangis tersedu-sedu, sementara adik-adikku memelukku erat.

“ya aku gak apa-apa kok bu”

“soalnya tadi ada telpon ke hp mas rud katanya kamu udah gak di bandara udah pulang sendiri pake taxi” tutur ibuku

aku menoleh ke arah mas Rudi sambil bertanya

“beneran mas? ada yg nelpon gitu tadi?”

“iya, terus emmak iku nangis ae bikin aku jadi gak konsen nyetir, jadi pas udah nyampe aku buruan lari kesni sementara emmak dan bapak tak suruh pelan2 aja, kan paling nggak aku iso cepetan”

“suwun mas Rud, udah baik banget ma aku dan keluargaku”

kami pun menuju ke parkiran di mana mas Rudi parkir mobilnya, senangnya bisa pulkam senangnya bisa kumpul-kumpul lagi ma keluargaku.

“ndok ini tahu kecap dan lontongnya”kata ibuku

asyik banget bisa makan masakan ibu lagi…

“tadi bapakmu hampir dah menghabiskan semua lontong nya ”

“apa an orang aku cuma makan 5 bungkus aja” kata ayahku

tak lihat mas Rudi memperhatikanku lewat spion terus

“mas awas nabrak loh matanya tuh melototin spion ngapain”

sambil cengar-cengir mas Rud menjawab

“yo lihat orang cantik lah, kok tambah ayu ae sampeyan dek”

“halah tambahnya di mana? di hidung di kuping?” jawabku

bikin semuanya tertawa,

dari Juanda ke kampungku sekitar 5 jam, capek banget rasanya duduk di mobil lama pengen secepatnya nyampe rumah dan bobo di kasur kapuk…

bersambung…

 

 

5 thoughts on “TKW jadi bini BULE

    1. Ea itu waktu tahun 2005 mbak bandaranya jg masih jelek bngt terakhir tahun 2013 aq landing di Juanda udah bagus bngt malah lebih bagus dari bandara soekarno-hatta jakarta loh…

      Like

  1. Kalo hrs nunggu di bandara daerahmu sebaiknya pake bhs daerah sj trus ngomong kalo kamu org mana gitu. Pasang muka galak jgn celengak celenguk. Gitu aja sih. Aku ke sby terakhir x 2013 dan mudah2an gak ada kejadian sprt kamu. Btw aku terharu dgn kebaikan majikan kamu. Msh sering kontak sampe skrg? Kan lumayan bisa jln2 ke amrik trus ke kotanya bs ketemuan lg.

    Liked by 1 person

    1. Ya itu kan pertama kalinya mudik pke pesawat sendirian…dulu2nya kan brgkt ke singapore bareng2 sama tkw yg lain jd masih gagu gtu dah g ngerti apa2… 😆 sejak pulkam g pernah contak…aq g punya hp 2005 gtu loh gaji sgtu cuma cukup buat keluarga di rumah … blm ngerti email dll kan cuma lulusan smp jd g ngerti sms n email jg

      Like

Leave a Reply

