TKW jadi bini BULE

Bagian 2

sambungan dari, TKW jadi bini BULE (bagian 1) link di bawah ini :

https://istribulebagus.wordpress.com/2016/04/07/tkw-jadi-bini-bule-8/

28 Desember 2006,

Tibalah aku di Negeri Formosa Taiwan ! tepatnya di daerah Kaoshiung city, tak jauh beda dg waktu pertama kali tiba di Singapura dulu…di bandara Kaoshiung udah ada agency yg jemput namun bedanya di Taiwan ini langsung Agency yg jemput dan langsung di bawa ke Rumah agency nya gak di tampung di penampungan sementara gitu. Nyampe di rumah agent aku ketemu sama mbak penerjemah yg dulu ketemu di PT, dia ramah banget dan aku di antar ke lantai atas (lantai 4) di mana aku menempati lantai 4 itu untuk sementara sampai selesai check up medikal dan di antar ke rumah majikan, berhubung sudah ada pengalaman kerja di Singapura jadi kali ini udah gak kagok mau ngapain.

“siti, ini kamar kamu untuk sementara dan kebetulan kamu sendirian hari ini tapi besok akan ada tkw dari Pilipina” kata mbak penerjemah.

“oh ea ini udah jam 4 sore, ntar setelah kamu selesai menata tempat tidurmu tolong turun ke lantai 2 ya aku tunggu di dapur bantu aku masak” kata mbak penerjemah itu lagi.

“oke mbak, ini tempatnya berdebu banget aku bersihin dulu ya?” tanyaku.

“ea itu maksudku tadi Sit, kalau udah beres bersihin sini cari aku ke dapur di lantai 2 oke”

“oke deh”

Aku langsung beraksi ambil sapu ember dan lap bersih-bersih semuanya lantai 2 ada 2 kamar dan 2 kamar mandi juga, setelah beres akupun nyari mbak penerjemah ke lantai 2, sempat bingung juga…neh rumah lumayan gede gak tau dapur yg sebelah mana hahaha 😀 akupun pelan-pelan memanggil nama mbak penerjemah *namanya Indri.

“mbak Indri…mbak…mbak Indri…”

“sssttt…Siti sini aku disini”

“oh itu si mbak Indri, bingung aku nyarinya takut nyasar”

“hadew nyasar juga paling ke kamarnya nyonya tua, kalau nggak kamarnya nyonya muda” kata mbak Indri.

*law furen (nyonya tua) ini ibu nya agentku, Siau Furen (nyonya muda) istrinya agent ku.

“oke deh Sit bisa masak kan?”

“bisa dong…”

“nah oke deh itu beras aku udah takar tolong di cuci dan dimasak di ricecooker itu, trus ini sayurnya udah aku potongin tolong di tumis, ikan ini di goreng aja, trus oyongnya di tumis pake daun bawang yg udah aku siapkan disitu, bumbu-bumbu semua disini kamu cari-cari sendiri mana garam mana gula kecap dll oke, bisa kan?” kata mbak Indri.

“oke deh mbak beres”

“bagus…kalo begitu aku mandiin baby dulu, ntar kalau ada kakek biasa aja itu bapaknya agent dia baik” terang mbak Indri.

*jadi di Rumah agent ini hidup lah satu keluarga agent dari mama n papa nya dan agent ku bersama istrinya yg baru punya anak bayi umur 8bulan , lantai 1 adalah kantor, lantai 2 (dapur, ruang makan, dan 2 kamar *1 kamar orang tua agent dan yg satu lagi kamarnya mbak Indri), di lantai 3 (2 kamar, satu kamar agent dan istrinya, yg satu lagi kamar adek agent bila datang jenguk ortunya), lantai 4 juga ada 2 kamar khusus untuk tempat tkw sementara sebelum di antar ke rumah majikan. Semua penghuni rumah agent ini sangat ramah sekali…tidak ada perbedaan sosial seperti di Singapura yg tkw makan nasi dg sup kubis doang dan duduk di tangga belakang sementara agent makan yg enak dan duduk di kursi meja makan yg bagus, di Taiwan di rumah agenku ini mereka tidak membeda-bedakan tkw, aku makan apa yg mereka makan aku duduk bersama mereka di kursi meja makan bareng-bareng.

Aku lanjut beraksi masak di dapur… dan aku lihat mbak Indri lagi mandii baby.

“Sit, kalau udah matang taruh semuanya di Meja makan oke” kata mbak Indri dr kamar mandi sebelah dapur sambil mandiin baby.

“oke deh mbak”

“wei…nihau(hai apa kabar)” tiba-tiba seorang kakek ngagetin di belakangku.

“hai…hau hau (baik-baik)” jawabku*maklum aku blm bisa bahasa mandarin jadi rada gimana gitu ha ha ha 😀

aku denger mbak Indri nerangin dr kamar mandi bahwa aku baru datang dan g lancar berbahasa mandarin.

“speak english?” kata kakek .

“em hmm…” jawabku.

“me… not good english, little bit only, ha ha ha” kata kakek sambil tertawa terbahak-bahak 😀

“ni hui cu fan aaa (kamu bisa masak) hen hao (bagus sekali)” kata kakek

“i tien- tien (sedikit) no hen hao (tidak bagus sekali)” jawabku dg mandarin campur inggris rusak parah 😀

“Sit panggil siau cie/nona *kebiasaan mbak indri manggil istri agent* dan sien sen/mister bilang makan malam udah siap” kata mbak indri.

“Siau cie , sien sen, dinner is ready”

“oh halo Siti call me Sonia” kata siau cie istri agentku.

“Sonia…” ulangku.

“yup that’s my name and i can speak english very well so you can speak to me my husband he cant speak english at all, my father inlaw if you meet him already he is funny old man”

“ah yea i meet granpa upstairs already, indeed he is” kataku.

*akong=kakek, ama=nenek kita manggil ortu agent dg panggilan akong dan ama.

Kami pun menuju ke Lantai 2 dan makan bersama, aku, kakek, nenek, mbak indri , agent dan istrinya.

“you cook all this?” tanya sonia

“em hmm…”jawabku.

“well good, your madam will be so happy to know you can cook”

“tomorrow granpa will take you to the hospital for medical check up, so make sure later start at 11 PM do not eat or drink oke until tomorrow finish check up medical” terang Sonia.

“oke”

Kamipun selesai makan aku beresin meja dan dapur sementara mbak Indri ngurus baby.

*mbak Indri selain penerjemah dia juga sekaligus baby sitter, bahkan dia jg bobo dg baby.

“mbak Indri besok aku harus bangun jam berapa dan harus ngapain aja?” tanyaku

“bangun jam 7 pagi trus bantuin aku beresin kantor di lantai bawah serta cuci kamar mandi di kantor, habis tuh siap-siap untuk pergi check up medical sama akong jam 8 pagi”

“oh ea inget ntar mulai jam 11 malam jangan makan apa-apa dan jangan minum juga, besok perut harus kosong sampai selesai medikal baru sarapan ntar akong beliin kamu sarapan oke”

“oke deh”

“ya udah kalo selesai beresin dapur sebaiknya kamu istirahat di kamar lantai atas sana nyalain TV kalau mau nonton tv tp channelnya semua tv taiwan bahasa mandarin haha” kata mbak Indri.

Akupun menuju lantai atas dan nyalain TV walau sama sekali gak mengerti yg penting ada rame-rame tv aja hehe. Paginya jam 7 aku udah bangun dan mulai beres-beres lantai 1 kantor, setelah beres belum juga aku liat ada orang bangun selain aku, akhirnya aku naik ke lantai atas lagi dan nyiram bunga-bunga di beranda depan kamar tempat aku tidur.

“Siti, udah di tunggu tuh sama akong” kata mbak Indri

“lai wo men co le(ayo kita berangkat)” kata akong/kakek

“hau(baiklah)” kataku.

“Siti here your helmet Granpa take you to hospital with motorbike” kata Sonia

“oke Thankyou” jawabku

Dan aku pun ikut si Akong/kakek menuju RS yg di tunjuk untuk check up medikal (di RS udah banyak tkw dari agent lain antri nunggu giliran, mulai lah dg di timbang berat badan, diukur tinggi badan, cek tensi darah, tes darah, tes pipis n pup pup, foto xray) setelah selesai kita boleh pulang deh,

“eh mei-mei (adek) ni tuce ell mah? (kamu laparkah?)” tanya akong

“em hmm” jawabku mengiyakan

“hou, wo chi mai chau can (oke, aku pergi beli sarapan) ni ten wo (kamu tunggu aku) cai ce li (disini)”

“oke, akong” jawabku

setelah dia datang dari beli sarapan dia bonceng aku balik ke rumah agent,

“wo mai mei i ke ren chau can (aku beli sarapan buat semuanya) ” kata akong

“hau sie sie ni akong” jawab semuanya serentak (sonia,agentku,dan mbak Indri)

kami pun makan sarapan bersama sambil ngobrol-ngobrol pokoknya sangat kekeluargaan banget!

“eh pa, pu yau wang ci ten i siah yao cie ren chai fei chi chang( eh papa, nanti jangan lupa loh jemput orang di bandara)” kata Sonia kepada akong

“oh hau hau, ci tien na?(oh oke oke jam berapa ya)”

“se el tien aaa(jam 12 ntar)”

“eh siau mei (eh adek kecil) ten i siah ni yo pheng yo aaa (nanti kamu ada temennya loh)” kata akong padaku

“Jhong na li lai the (dari mana tkw yg nanti datang)?” tanya akong pada Sonia

“jhong Philipin aaaa (dari pilipina lah)”

“oh hau hau (oh oke oke)”

sarapan pun selesai, baby bangun dan mbak Indri sibuk ngurus si baby aku bantu beresin lantai 2 dan lantai 3 sekalian *sudah biasa kerja jadi udah tau mesti ngapaing hehe *TKW teladan*

“oh ea Sit aku dah masak nasi tadi buat ntar makan siang, ntar kamu tinggal masak lauknya ya, sayurnya di kulkas kamu atur sendiri trus itu tadi ama/nenek beli ayam di pasar tolong di masak kare ya, mereka disini suka kare loh, bisa kan masak kare?”

“siip beres mbak Indri, bisa dong aku masak kare mas udah biasa”

masak-masak beres akon juga dateng sama tkw asal pilipina dan kami pun makan siang bersama, 3 hari di rumah agent akhirnya aku di antar ke Rumah majikan…

“Nanti nyampe ke rumah majikanmu salam dg ramah ya” kata mbak Indri yg mendampingi agent tiap mengantar tkw ke rumah majikan.

“oke”jawabku.

aku masih ingat Rumah majikanku di jln.yong he deket dg Kaoshiung city Hall di apartment di lantai 7,

DSC02089
ini penampakan apartment majikanku di Lantai bawah

sampai di lantai 7 di apartment majikanku, agentku pun ngobrol dg majikanku dlm bhs mandarin.

“oh i see hai whats your name? welcome to my house” kata majikanku yg cantik jelita plek mirip dg Julia Robert ! tadinya aku pikir dia bule eh ternyata asli org taiwan.

“hi ma’am i am Siti, nice to meet you”

“great you speak english very well so you can speak englist to my children, they are in the school now”

agentku lanjut ngobrol dg majikanku dan menyerahkan dokumen-dokumenku (paspor, kontrak kerja dll)

“oke Siti kita tinggalin kamu disini kerja yg baik ya” kata mbak Indri

“kalau ada apa-apa nelpon ke kantor ya kartu nama agent ada di majikanmu nanti dia kasih ke kamu” tambahnya.

“oke mbak makasih ya, sie sie ne siensen (makasih mister)” kataku pada mbak Indri dan pada agent ku.

majikanku menunjukkan tiap sudut apartmentnya,

“Siti follow me, here Mandy room my daughter she is 17 years old”

“and here my room, i am divorce” kata majikanku

*majikanku cantik jelita berumur 41th waktu itu bener-bener plek mirip artis amerika Julia Robert!

“here kevin room my son 9 years old you sleep in this room with him, he is a little boy he scared to sleep on his own”

DSC02080
ini penampakan kamar Kevin, dia tidur di kasur bawah dan aku yg di ranjang, Kevin sendiri yg minta katanya enakan di kasur bawah

*yup, apartment kecil (bila dibandingkan dg bungalow majikanku di Singapura) apartment dg 3 kamar, 2 kamar mandi, ruang tamu, ruang makan, dapur dan beranda kecil di depan dan di belakang.

“oh yea Siti call me Miss Tan” kata majikanku

“i need to go work now, but soon my sister will come to teach you what i need you to do, she speak english too”

“oke” kataku

“well i think you know what to do, please help me to look after my hause and my children, even Mandy i need you to wake her up in the morning so she wont be late to go school”

“oke Miss Tan” jawabku.

tak lama kemudia adeknya Miss Tan datang, dan Miss tan sendiri udah berangkat kerja.

“hi are you Siti?” kata adeknya miss Tan yg udah buka pintu sendiri dia ada kunci apartmentnya majikanku.

“yes i am, you must be Miss Tan sister?

“yup call me Jasmine” kata adeknya Miss Tan

“oke, you finish cleaning the hause?”

“yeah but i am not iron yet”

“never mind, do that later or tomorow, i need to take you to Kevin school to pick up him, start tomorrow you have to do it yourself, i will show you the way i hope you learn fast”

“oke”

“let’s go now”

sekolah Kevin tak jauh dari apartment sekitar 10 menit jalan kaki keliling komplex aja tapi sedikit muter-muter belok kanan kiri hadew…masih bingung juga aku perhatikan tiap jalan coba menghafal jalan yg di lewatin.

Nyampe di sekolah kevin aku harus menghadap security dan tanda tangan bahwa aku yg jemput kevin, Jasmine menjelaskan pada security bahwa mulai besok aku yg jemput Kevin, aku pun dikasih kartu khusus yg harus di kalungkan di leherku bila aku masuk kesini untuk jemput Kevin. Dan aku melihat anak laki-laki ndut lucu banget menghampiri kami, aku pikir itu pasti yg namanya Kevin.

“hi Kevin this Siti ” kata Jasmine

“hi Kevin how are you” kataku

“good, i am good” kata Kevin sepertinya dia anak yg pemalu.

kami-pun balik menuju ke apartment,

“Siti you cook for them oke, you and 2 children, no need for Tan she will be home late” kata Jasmine.

“oke, no problem”

“later Mandy will be home at 6” kata Jasmine lagi.

“well i need to go now to pick up my own kid’s”

“oke take care, Jasmine Thank you” kataku

“oke bye…anything you can call me, my number on the fridge”

“oke bye…”

Akupun bantu Kevin naruh tas nya di kamar dan ambilkan dia baju ganti,

“Kevin, what time you and your sister use to eat dinner?”

“emms…at 7 i think”

“oke then i better prepare to cook”

“Siti come here” kata Kevin dg suara yg manja.

“look, do you like her?” Kevin nunjukin teddy bear warna pink padaku.

“em hmm, that’s cute”

“oke, then for you” kata Kevin memberikan Teddy bear pink padaku.

“are you sure for me?”

“yes…for you” kata kevin

“thank you Kevin, go change your uniform and i will start cook oke”

aku pun masak pas setelah semua matang mandy pun pulang dari sekolahnya,

“wowwww smell good, aunty what are you cooking?” teriak Mandy dari pintu, dia gak tau kalau tantenya udah pulang.

“oh hi, you…i tough it was my aunty” kata Mandy

“uh oh, i am Mandy anyway”

“uh oh, i am Siti anyway” jawabku menirukan gaya dia bicara.

“uuuhhh i can smell your cooking from the front door, what are you cooking?”

“Gingger chicken w/ black souce, some stirfried vegetable, fishball soup and white rice”

“sound so good i’m hungry” kata Mandy sambil langsung ambil mangkok nasi

“wo wo wo…Mandy, please…put away your school bag to your room and get change before you eat your dinner”

“ah, you sound like my aunty,…i hate it Siti”

“well Mandy for your own good go…go change”

“yes Mandy go…”kata Kevin mendukungku.

“Oke your two…hhhhmmm” kata mandi sambil menjulurkan lidahnya.

Dan kami pun makan bersama, sungguh Indah kerja di Taiwan ini krn mulai dari keluarga agent dan sekarang keluarga majikanku sangat ramah dan penuh kekeluargaan…

Bersambung…

 

 

11 thoughts on “TKW jadi bini BULE

Leave a Reply

