TKW jadi bini BULE

Bagian 2

sambungan dari TKW jadi bini BULE (bagian 2) link di bawah ini :

https://istribulebagus.wordpress.com/2016/04/21/tkw-jadi-bini-bule-9/

30 desember 2006,

Hari pertama di rumah majikan semuanya baik-baik saja aku bisa beradaptasi dg 2 anak majikanku Mandy dan Kevin dan dg semua pekerjaan rumah termasuk memasak,

kriiiiing….kriiiing…kriiiiing…suara telpon rumah berdering,

“Siti can you please get the phone?” teriak Mandy dari dalam kamar mandi

“Halo…” sapaku dlm telpon

“hi Siti…its me Miss Tan, just wanna tell you that please make sure the children sleep at 10 PM everyday but not at the weekend, they can stay up to 12PM in the weekend”

“oke Miss…”

aku pun melanjutkan setrikaan karena banyak sekali baju-baju yg kusut sampai jam 11PM aku pun merasa lelah,

“Siti you can have rest, continue iron another day” kata Mandy

“well oke then good nite Mandy, Kevin are you coming? i am going to sleep now” kataku

“yea-yea i am coming, you read a story book?”

“oh boy…how old are you Kevin?”

“never mind i will read a story myself then” kata Kevin

“fine i’ll do it” kataku

“yeaaaaa” jawab Kevin kegirangan

aku dan Kevin pun ke kamar tidur, kevin bilang aku tidur di ranjang dan dia di kasur bawah sambil dia ngasih buku cerita padaku untuk ku bacakan ke dia, udah umur 9th neh anak kok manja banget…akhirnya dia pun tertidur dan aku juga tidur. Keesokannya aku bangun jam 6 pagi gak tau mau ngapain karena hari ini kan hari minggu tanggal 31 desember hari terakhir dalam kalender tahun 2006  yg berarti dalam hitungan jam udah masuk ke tahun baru 2007. Mandy dan Kevin masih tertidur, aku gak lihat miss Tan sejak kemaren sore pas aku baru dateng ke rumah ini. Pelan-pelan aku bersihin lantai pake sapu dan pel dg lap kain, lap semua meja dan perabotan…tiba-tiba aku dengar suara pintu terbuka dari luar aku cepat melihat ke arah pintu ternyata Miss Tan baru balik,

“hi Siti, you allrite?” sapa Miss Tan

“yea am good, the children still sleep” kataku

“ah never mind it’s school holiday anyway, you can go back to sleep if you like or help yourself to whatever you like for breakfast, later at 11Am we all going out”

“oke, thank’s” jawabku

“oke then Siti i’ll go have a bit nap and later 10:00 am please wake me up oke”

“oke” jawabku

Miss Tan pun masuk ke kamarnya dan aku bikin kopi dan sarapan gak bisa tidur lagi…jadi baca-baca majalah yg ada di bufet ruang tamu.

Jam 10:00 am anak-anak belum juga bangun aku pun segera ketok pintu miss Tan bangunin dia…

tok…tok…tok…

“miss Tan it’s 10 O’clock now” teriakku dari depan pintu kamar miss Tan

“ah…alrite…i am awake now, please wake the children too” kata miss Tan dari dalam kamar.

aku bangunin Kevin dan Mandy dan mereka pun segera bangun,

“Kevin, Mandy go get ready we going out and no need eat anything let’s have early lunch in noodles restaurant” kata Miss Tan pada anak-anak

“Siti you too…coming with us” tambah miss Tan

aku pun siap-siap ganti baju dan kita ke warung cina kita makan mie kuah khas Taiwan di sana,

“Siti do you like Taiwan?” tanya Miss Tan

“ems…yea…nice clean and neat”

“do you like to work in our house?” tanya Kevin

“yeah…no problem, i use to work anyway in singapore before”

“uuuh i love Singapore” sela Mandy

“we go on holiday in Singapore before, i’ll show you the album photo later at home oke” imbuhnya

“allrite Mandy, i would love to see that”

“when is your birthday Siti?” tanya miss Tan lagi

“6 of june” jawabku

“ah i see, Mandy 6 of July” kata miss Tan

“em hmmm…” Mandy membenarkan

“and me, on august at 12” Kevin menyela

“well to nite we having dinner at my Restaurant oke?” seru miss Tan

“yeaaa…” teriak Mandy dan Kevin bersamaan

yah begitulah suasana keluarga majikanku di Taiwan, aku sangat bersyukur selalu bertemu dg majikan yg baik. Malam tahun baru pun kami lalui bersama (aku, Mandy, Kevin dan miss Tan)

setiap hari pekerjaanku selain pekerjaan rumah dan memasak aku harus mengantar dan menjemput Kevin sekolah dan juga mengantar kevin ke tempat less di luar jam sekolahnya, sementara Mandy sudah SMA kelas 2 waktu itu aku hanya perlu membangunkan dia sepagi mungkin supaya dia tidak ketinggalan bis sekolah.

Suatu pagi setelah Kevin dan Mandy pada pergi sekolah akupun sendiri di apartmen, aku selalu menyibukkan diri dg pekerjaan rumah, nyapu ngepel lap ini lap itu, lap sepatu yg gak kotor, lap buku-buku seabrek dari bufet di ruang tamu karena bila aku tidak sibuk…aku teringat almarhum mas Rudi ku…yg telah pergi untuk selama-lamanya.

Jujur aku masih selalu meneteskan air mata kala itu bila teringat sama almarhum mas Rudi, seakan kepergian mas Rudi meninggalkan luka yg begitu dalam…hingga aku seakan menutup pintu hatiku untuk laki-laki lain. Tak terasa air mataku menetes saat aku menata buku-buku di bufet,
“Siti…are you alrite?” tanya miss Tan
“Ums…yea yea i am oke, excusme” jawabku sambil langsung ngeluyur menuju toilet untuk cuci muka, namun yg ada aku malah menangis sejadi-jadinya. Hatiku terasa perih tersayat-sayat mengingat betapa aku sudah menyia-nyiakan kesetian mas Rudi dalam penantiannya yg bertahun-tahun lamanya dan entah keberapa kalinya aku menolak ajakan mas Rudi untuk menikah, sampai hari terakhir dia bernafas…aku dalam lubuk hati terdalam masih terus menyalahkan diri sendiri, namun aku sadar manusia tak bisa melawan takdir yg sudah terjadi, yang sudah berlalu biarlah berlalu.

“Hey seriously are you allrite?” Tanya miss Tan lagi melihat aku keluar dari toilet dg mata yg sembab.
“Come here, seat with me” kata miss Tan, dan aku pun duduk di sebelahnya.
“Siti, i like you to work in my house and i treat all my staff very well, if you have a problem you can talk to me about it”
“About anything okay, maybe i can help?” Tambah miss Tan
“I’am fine miss really fine…i…just…” aku tak mampu meneruskan kata-kataku karena air mataku tiba-tiba berlinang tak terbendung lagi.
“Come here” kata miss Tan sambil memelukku.
Dan setelah aku tenang aku mulai bercerita kenapa aku menangis…tak ada masalah dlm bekerja hanya kadang-kadang ingat sama mas Rudi aja dan itu yg membuatku sedih.
“Well whatever happen life must goes on Siti, you’ll be fine !”
“Yea you rite” jawabku
“Life must goes on, i just need time” kataku.
“Yup time will heal your heart break Siti, dont worry you’ll meet someone else one day”
“Allrite…you feel better now? Go have a rest, you very hard work ! relax okay…work in my house no need force too much ! Just relax like you in your own home okay ” kata miss Tan.
“Thanks miss Tan” jawabku.
Hari berganti hari, seminggu, sebulan, bulan ke 6 aku bekerja di rumah miss Tan bertepatan dg hari ulang tahunku yg ke 25, miss Tan merayakan ulang tahunku dg membelikan aku kue ultah,

DSC02076

 

Taiwan aku senang bekerja negeri formosa ini…pekerjaan sama saja dg di singapura tp gaji 4x lipat sungguh menyenangkan aku bisa menyekolahkan adik-adikku sampai mereka kuliah dan uang gajiku lebih dari cukup untuk membantu ortu ku dan aku juga bisa beli baju bagus (pengalaman beli baju paling mahal dlm hidupku) *waktu itu kurs 1NTD = Rp350. Sepatu boot ku seharga Rp2juta *bukan menyombongkan diri tp membanggakan diri 😅 krn tkw juga mampu beli barang mahal gituh yg pada umumnya banyak orang menilai TKW dg sebelah mata saja *eh curhat 😀 baju-baju musim panas seharga 1juta rupiah yah aku beli saja itung-itung menikmati hasil kerja 😀 maklum kan belum pernah bisa shopping sendiri selama di kampung mah…shopping ala aku waktu itu sih sudah termasuk wow dg ukuran kantongku…mungkin bagi orang lain ya murahan yak 😀 yg penting hasil keringat sendiri *bangga 😀

image

Ternyata kontrak kerjaku bekerja dg miss Tan hanya satu setengah tahun / 18bulan saja yg mana kontrakku berakhir di tahun 2008 bulan juni, Miss Tan tidak memperpanjang kontrakku karena anak-anaknya udah gede dan tidak begitu butuh asisten rumah.

Akupun dijemput agentku dan aku bilang pada agentku bahwa aku mau lanjut kerja dan lagi pula pasporku masih berlaku sekitar 3tahun lagi, agentku pun mencarikan aku majikan baru dan aku tak perlu keluar Taiwan untuk proses ini karena aku baru bekerja 18bulan saja, sebenarnya pada umumnya kontrak kerja di taiwan rata-rata 2tahun dan dapat di perpanjang 1tahun ke depan setelah itu TKI harus meninggalkan Taiwan sekurang-kurangnya 40 hari dan baru setelah itu bisa proses masuk taiwan lagi sebagai TKI pada umumnya. Namun dalam kasusku ini berhubung kontrak kerja hanya 18 bulan dan dg persetujuan kedua belah pihak (aku dan majikan) maka setelah kontrak habis aku bisa ganti majikan selama ada majikan yg mau mempekerjakan aku. Dan alhamdulillah tak menunggu lama hanya dalam kurun waktu 10hari aku sudah dapat majikan baru dg pekerjaan sebagai baby sitter.

NB : sebenarnya semua job di Taiwan adalah care giver *menjaga manula, namun tidak sedikit yg melenceng dari job order yg sudah ditetapkan oleh pemerintah Taiwan. Banyak TKW *termasuk aku, yg job order nya jaga manula, tetapi yg kita lakukan jadi pembantu rumah tangga atau baby sitter, bahkan ada yg jadi asisten cheff di restoran-restoran. Namun dalam pengamatanku selama kedua belah pihak happy ya tidak masalah kan? gaji lancar, hak-hak sebagai tkw terpenuhi dll no problem !

Majikan baruku ini sangat membutuhkan baby sitter sesegera mungkin! keluarga majikan tidak bisa berbahasa inggris sama sekali! nah loh 😀 aku selama kerja di miss Tan gak pernah pakai bahasa mandarin, paling pas ibu miss Tan datang ke apartmen dg dia lah sedikit berbahasa mandarin tp aku cuma bisa memahami apa yg di bicarakan nenek *ibu miss Tan, blm bisa bicara bahasa sehari-hari karena memang belum pernah 😀 jadi agak bingung gituh dg job baru ini tapi majikan baruku itu sangat bersikeras sekali untuk mempekerjakanku, mereka bilang tak masalah walau aku tidak bisa bahasa mandarin…bahkan bagus katanya aku bisa mengajarkan bahasa inggris pada baby yg akan aku jaga…

awal juli aku sudah mulai bekerja jadi baby sitter di keluarga Jhong, di apartment mr Jhong tinggal bersama istri, ibu dan bapaknya dan adik bungsu perempuan. Mereka semua sangat baik dan ramah walau tak satupun dari mereka berbahasa inggris 😀 akhirnya pakai bahasa  T A R Z A N  😀 tunjuk sana tunjuk sini saling senyam senyum karena sama-sama berusaha mengerti satu sama lain, baby yg aku jaga umur 1 tahun setengah, dia langsung lengket denganku dan dalam beberapa hari saja baby ini sudah bisa beriteraksi dalam bahasa inggis dgku ! dia mengerti bahasaku mulai bisa berhitung 1-20 dlm bahasa inggis dan mulai menghafal lagu-lagu anak dalam bahasa inggris yg aku nyanyikan untuk meninabobokan dia atau sekedar menemaninya bermain, alhasil mama dan papa nya seneng banget dan membelikan lagu-lagu anak dalam bahasa inggis untuk baby ini. Pada waktu itu baby umur 1,6th mama nya lagi hamil 4 bulan, kehamilan yg ke dua majikanku ini pada waktu itu dia berumur 43tahun ada beberapa hal yg di sarankan dokter untuk tidak di lakukan salah satunya (majikanku dilarang berhubungan intim dg suaminya) demi menjaga kesehatan kandungan, alhasil majikan laki-laki sering uring-uringan 😀 Majikanku ini memiliki restoran yg sangat besar ! Presiden Ma ying Jou *presiden Taiwan beserta keluarganya sering makan di restoran majikanku yg ini, nah staff-staff di restoran itu sering jadi sasaran kemarahan bosku ini karena *kan katanya laki-laki /seorang suami kalau hubungan intimnya kurang memang begitu 😀 ini mah bukan kurang tapi memang selama istrinya hamil kan hal itu dilarang sama dokter 😀 aku tau semuanya karena aku selalu ikut ke restoran di siang hari, bos laki tuh pemilik restoran sekaligus salah satu cheffnya, bos perempuan bagian ngatur keuangan, aku baby sitter tiap hari di bawa ke restoran juga karena baby jg di bawa dan disediakan ruang khusus untuk baby nya main dan tidur siang, malam kami pulang ke apartment begitu setiap hari.

Suatu pagi aku mau buang popok baby dan baby lg tidur jadi aku tinggal sebentar, untuk buang popok ini aku lewat dapurnya restoran OMG aku kaget banget melihat piring, panci, teflon, dan tutup panci beterbangan kemana-mana alias majikan laki lagi ngamuk-ngamuk selain maki-maki karyawan di dapur dia pun main lempar barang ! aku bener-bener kaget melihat pemandangan ini, melihat aku lewat eh si bos laki bentak aku juga,

“eh she ni ! (eh kamu!) ”

“she mo…(apa)” kataku pura-pura tak mengerti apa yg terjadi

“ni yau hau hau kong cuo ( kamu harus kerja baik-baik), pu ran wo song ne hue chi! (kalau nggak aku pulangkan kau!)” gertaknya padaku yg tidak salah apa-apa

aku tak menjawabnya aku ngeluyur aja pergi…bodo amet dalam hatiku berkata, jobku jaga baby kok, baby baik-baik aja ya udah itu aja titik nggak pake koma, kan kata majikan cewek begitu, kata akong dan ama(kakek dan neneknya baby) juga begitu, mereka sudah mewanti-wanti aku akan sifat bos laki yg sering meledak-ledak suka marah-marah, kata mereka aku gak perlu dengerin bos laki yg penting jobku jaga baby itu aja titik.

Bos laki ini awal aku bekerja suka maki-maki aku,

“ni hen hei oo(kamu item banget)” kata bos laki padaku,

ya warna kulitku sawo matang kadang-kadang kalau kepanasan jadi sawo bosok *etdah 😀 di bandingkan dg orang cina taiwan ya jelas aku ini item bagi mereka, tapi kalau di kampung aku termasuk rada kuning kata orang mah 😀

“yo ce yang aaa? (emang kenapa?)” jawabku ngeyel 😀

“mei she aaa (gak apa-apa), cou she pu hau khan aaa (cuma jelek aja)” kata bos laki *kurang ajar banget !

Seumur-umur selama jadi tkw baru kali ini dapet majikan begini banget, untung cuma bos laki dan keluarga bos yg lain mah baik banget semuanya.

“ni pu yao kuan wo aa (jangan peduliin aku dong mau jelek atau mau apa juga)” jawabku sewot 😀

trus ama/nenek datang untuk menengahi perbincangan gak enak antara aku dan bos laki

“Siti, pu yao kuan tha (Siti, jangan peduliin dia), tha sen cing ping (dia tuh gila)” kata ama (ibunya bos laki)

“ni sen cing ping (kamu gila)” kataku pada bos laki *ngece ha ha ha mumpung ada ama yg bakal belain aku.

begitulah setiap hari dari awal kerja sampai 3 bulan kerja bos laki selalu bilang aku item jelek *sebel ! Tapi aku bodo amet yg penting gajiku lancar, baby yg ku jaga dia baik bikin gemes, ama dan akong baik, adik bos jg baik dan bos cewek apalagi udah kayak temen akrab banget aku dan bos cewek.

Restoran buka jam 10 siang dan tutup jam 2 sore trus buka lagi jam 5 sore sampai jam 10 malam, jadi bos laki dan bos cewe dan aku dan baby tiap hari berangkat jam 9 pagi dari apartment menuju restoran, bos laki dan bos cewe mulai bekerja sementara aku menjaga baby dalam kamar baby di restoran, kadang-kadang aku bawa baby jalan-jalan di taman belakang restoran atau aku bawa baby ke toko Indonesia yg cuma jarak 5menit dari restoran majikanku, asyik banget deket toko Indonesia bisa beli tempe *makanan favoritku 😀 bisa makan gado-gado tiap hari 😀 bisa makan soto dll makanan khas Indonesia, karena waktu aku jadi baby sitter ini aku tidak masak tidak bersih-bersih tidak cuci baju pula *enakkan 😀 baju di laundri seminggu sekali bos yg bayar 😀 sarapan bos yg beliin 😀 makan siang salah satu cheff di restoran masak untuk karyawan, kadang aku makan siang bersama karyawan kadang aku makan di toko Indonesia 😀 kadang bos cewek bawa aku dan baby ke pasar sore trus kita jajan deh makan-makan disana 😀 pokoknya kerjaan ini sangat mengasyikkan sekali, yang perlu aku lakuin ya merawat baby ini aja, dari dia bangun tidur, bikinin susu, bikinin bubur, ganti popok ganti pakaian baby , nemenin baby main,kalau baby bobo siang aku juga boleh ikutan bobo siang kalau nggak biasanya aku online fb-an pas baby lagi bobo 😀 waktu itu pertama kalinya punya FB asyik banget seru-serunya main Game (Restoran city) yg sekarang sudah gak ada, pokoknya kerjaanku segala kebutuhan baby aja. Dan satu lagi…aku harus pakai baju yg bagus gak boleh pakai sandal jepit sama bos 😀 

Hubungan bos laki dan bos cewek kurang harmonis, bos laki sama sekali tak perhatian sama istrinya yg lagi mengandung, malah dg kasar si bos laki selalu mewanti-wanti “kalau bayi ini nanti keluarnya perempuan kamu aku cerai dan bawa bayi perempuan itu pergi dari rumahku” kata bos laki . Bos cewek sering curhat ke aku, bahkan untuk periksa kandungan ke dokter hanya aku dan baby yg nemenin dia…sampai waktu dia melahirkan bayi ke 2 aku dan baby (wei wei) yg nungguin bos cewek lahiran di Klinik ! waktu bos cewek lahiran Wei wei udah umur 2tahun, ini foto-fotoku dg wei wei,

DSC02075DSC02088DSC02073

aku lumayan cakep loh, heran bos laki selalu ngatain aku ini jelek 😀 padahal kan aku cantik hihihi *pe de

DSC02083
cantik kan? 😀

Memasuki bulan ke 6 aku bekerja pada keluarga Jhong ini bos cewek melahirkan bayi jenis kelamin laki-laki *alhamdulillah bos cowok gak bakal menceraikan bos cewek ! alhasil aku harus merawat 2 bayi deh…

bersambung…

Advertisements

22 thoughts on “TKW jadi bini BULE

      1. Ea rata2 org cina n korea bgtu klo kamu ke bali tanah lot pasti mau ngakak sendiri lihat turis cina pake baju sexy pendek bagus eh di tutupin sarung atau kain gtu sekujur tubuhnya cuma keliatan mata aja sangking takutnya kena matahari 😅

        Like

      2. Hhahahaha. Mending pake burka sekalian aja tu mba.

        Hmm.. sptnya cwo indo jg udah mulai banyak yg beranggapan klo cantik itu spt luna maya atau dian sastro, which is yg kulit putih, rambut lurus, badan tinggi kurus. Ada bbrp temenku cwo yg terobsesi sm cwe2 impor berkulit putih. Ugh, rasane njaluk dkethak wong2 kae

        Liked by 1 person

      3. Luna maya cantik ? Ea cantik sih bagi selera cowo Indonesia klo tanya ma suamiku ea cantik tp tidak menarik katanya membosankan wajah2 kulit putih kan bisa di temukan di mana2 klo cantiknya aku *uhuk 😅 beda gak ada yg sama katanya 😅

        Like

      4. Iya dunk mba.. qta kn kualitas expor. Dulu d aussie jg byk yg terkagum2 sm kulit qta. D luar negri d sayang, d dlm negri dtendang, hiks.

        Pdhl tau kn mba? Perawatan itu mahal. Jd cwo2 yg terobsesi punya cwe cantik, lbh baik evaluasi dulu kantongnya. Sehat itu murah dn ga hruz menjerit kesakitan. Yg cantik nyimpen rasa sakit d balik senyum

        Liked by 1 person

      5. Eh bnr tuh temen kost dulu demi punya kulit putih dia suntik loh sekali suntik 700rbu rupiah untuk beberapa set gtu…suaminya malah yg nyuruh loh! Istrinya pengen rambut hitam asli panjang kyk aku eh suaminya nyuruh dia di cat pirang rambutnya sampe rambutnya rusak kering bercabang g kuat bleaching…ih suami kok gau istrinya yg asli2 aja kan uangnya bisa buat di tabung gtu …

        Like

      6. Innalillahii.. bojo edan kuwi. Lagian knpa ga milih bule aja klo kepengen yg blonde dn putih?

        Dulu aku jg pernah naksir kk kelas, tp dia seleranya yg muka2 artis gitu. Aku cm menang putih dn mancung aja, tp gemuk dn keriting 😄

        Aku gemes aja klo ada orang yg seleranya tinggi tp kasarnya gak ngaca.

        Liked by 1 person

      7. Hhahaha bisa aja mba xD

        Beda lah orang d kota sm d desa. Orang d kota cenderung pengen segala sesuatunya yg wow, sementara orang2 d desa atau daerah lbh bisa bersyukur dan gak banyak menuntut.

        Jd anak daerah emang lbh bahagia y mba? Aplg klo ga kebawa arus pergaulan ibukota. Aku perhatiin d antara pergaulan kota tu secara gak langsung pd saling berlomba ngumpulin pujian gtu

        Liked by 1 person

      8. Emang, banyak orang qta yg ga suka baca atau ga bisa jd pendengar yg baik. Dan ini nih yg bikin kesel. Sengaja nulis bwad orang spy jelas dn mudah diingat, eeh ga dbaca sama sekali dn tetep kekeuh sm pendiriannya yg kolot 😦

        Liked by 1 person

  1. Mnrt survei abal2 ku hehehe laki2 yg suka ngejek2 kita brarti dia py perasaan suka utk pengalihan isu sj sih. Ehiya si istrikan bs ngeladeni suaminya tanpa hrs berhubungan intim. Bs dikeluarkan dgn byk cara kok. Kasihan kan ke butuhan biologis suaminya gak terpenuhi. Btw aku py tante yg tinggal di S’pore dan suatu hr ngasih nasehat kepadaku apabila di masa depan rezekiku berkecukupan maka jgn pernah membeli sepatu/sendal seharga lebih dr 1jt. Itu hy utk di pijak2 dan mijak kotoran katanya. Masih byk org2 terlebih2 keluarga yg blom mampu.. Alhasil pesan tanteku itu selalu aku ingat hehe

    Liked by 1 person

    1. Ya ya bisa jadi tuh dr awal mang dah punya perasaan ma aku kali ya 😅
      Ya kyknya bos cewe oldfashion dia 5th lbih tus dr bos laki dan selama hamil tuh bos cewe bobo sekamar ma aku dan baby wei wei gak bobo di kamar bos laki
      Itu mah dulu lah wkt baru bisa ngerasain dpt gaji segitu trus sejak ketemu president Ma ying jeou *president taiwan yg menang vote tahun 2008 , beliau bilang baju2nya g bermerk dpt beli di padar malam kemeja yg biasa dia pake harga 200nt = 60ribu rupiah sejak itu aku mikir yg president aja sederhana bajunya masak tkw aneh2 kyk aku 😅 jadi sadar bahwa *what you wear not what you are 😅 apa ada nya aja…sejak itu udah g lg beli yg mehong-mehong biasa aja dah 😆

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s