Resep Sate Madura

resep mie kuah tomyam di link ini :

https://istribulebagus.wordpress.com/2016/05/01/resep-mie-kuah-tom-yam/

Pas pengen sate pas lagi Bank holiday jadi asyik suasananya pas…

TEEEE SATEEEE duh enak banget cuacanya udah lebih anget jadi bisa bakar sate di luar rumah *benar-benar berasa sate kalo bakarnya pake arang ! kalo pake oven bukan sate madura namanya,

aku bilang ini sate madura karena aku asli keturunan orang madura dan resep ini aku belajar dari ibuku di kampung !

Bahan-bahannya : (resep untuk 2 orang)

bahan 1 :

*300gram Daging ayam dipotong-potong (boleh ganti dg daging sapi/daging kambing) sesuai selera

*6 potong sayap ayam

*bawang bombay dipotong-potong *kreasi tambahan dariku sendiri biar pas di bakar wanginya tambah semerbak !

*tusuk sate secukupnya *jangan lupa…kalo gak di tusuk bukan sate namanya πŸ˜€

bahan 2 : (bahan 2 ini yg jadi ciri khas resep sate madura ala ibuku)

*saos ikan

*2 buah bawang merah diiris-iris

*minyak sayur (aku pake minyak zaitun)

bahan 3 : (bumbu saos kacang)

*5 sdm minyak goreng

*7 buah buah bawang merah

*5 buah bawang putih

*3 genggam kacang tanah

*1 buah cabe rawit (kalo suka pedas silahkan tambah)

*petis ikan ( aku ganti dg saos tiram karena di UK tempatku gak nemu petis lol πŸ˜€ tapi ternyata rasanya pas ) *petis ikan ini khas rasa bumbu saos kacang sate madura ala ibuku.

*kecap manis secukupnya

*gula dan garam secukupnya

*air secukupnya

Caranya :

*setelah daging ayam dipotong-potong kemudian ditusuk pake tusuk sate (sisipkan bawang bombay di setiap tusukan sate), sayap ayam ditusuk pake tusuk sate juga biar enak bakarnya

*setelah ditusuk semua bahan 1, campur bahan 2 (saos ikan, irisan bawang merah dan minyak sayur) mandikan /guling-gulingkan daging yg sudah ditusuk jadi sate (kenapa ditusuk dulu baru di bumbuin? supaya pas nusuknya gak licin) supaya bumbu meresap “gak perlu tambah garam dll karena saos ikan ini sudah asin dan gurih”

Mari kita bikin saos kacangnya :

*goreng kacang sampai cukup matang, angkat dan sisihkan

*goreng bawang merah dan bawang putih dg sedikit minyak sisa goreng kacang, tumis bawang sampai wangi dan layu,kemudian masukkan cabe rawit tumis sampai cabe lunak, matikan api

*Pake blender/ ulekan untuk menghaluskan bumbu yg sudah di goreng, tambahkan petis ikan/ saos tiram, kecap, garam dan gula secukupnya, kemudian tambahkan air hingga tingkat kekentalan saos kacang sesuai selera anda *aku suka yg kental banget

NB : silahkan tambahkan bawang goreng sesuai selera (aku lebih suka tambahin potongan daun ketumbar)

20160502_181513.jpg
bumbu kacang khas madura *resep dari ibuku

eh jangan lupa bakar satenya πŸ˜€

 

NB : sisa bumbu dari daging buat olesan ketika sate di bakar

20160502_181801.jpg
aku bakar sate sayap

Sate madura resep ibuku sudah siap disantap πŸ˜€ suamiku keburu laper sementara sate sayapnya masih di bakar πŸ˜€ *lagian sate sayap mang favoritku hehe ^__^

 

 

 

Advertisements

12 thoughts on “Resep Sate Madura

  1. Kyknya lebih enak ni dr yg abang2 punya :p yg abang2 punya skrg potongannya kecil2 dn dikit bgt 😦

    Hidup d luar skrg udh ga perlu takut kangen masakan kampung selama ada internet πŸ˜€

    Liked by 1 person

    1. Yup klo di abang2 tuh dagingnya ngirit πŸ˜… cuma nempel di tusuknya doang πŸ˜… ea mah terutama lidah udik mst masak sendiri lbih enak sesuai selera πŸ˜†

      Like

      1. Yoihh πŸ˜€
        Justru mba, makanan resto indo yg d luar negri aku bilang gak ada rasanya. Makanan luar negri yg d indo pun gitu, rasanya jd aneh -_-

        Liked by 1 person

      2. Platingan maksudnya penataan makanan d atas piring?

        Klo tampilannya bagus, tp rasa ga enak dn ga ada gizinya mah sm aja bo’ong. Aku denger ada jg acara2 masak d tv yg terlalu fokus sm tampilannya doank, dbuatnya dr bahan2 ga mutu dan bgtu slese syuting dbuang. Gak berani sebut lah ya acara tv mana itu

        Liked by 1 person

      3. Ea penataan nya yg diutamakan hadew rasa mah makanan di warung jalanan lbih mantap ! Contoh nasi goreng di bali di resto yg bagus seharga 45rbu nasi goreng doang rasa saos tomat aja πŸ˜… eh beli di abangnya pinggir jalan cuma 9ribu enak bngt !

        Like

      4. Emang mba, enakan yg pinggir jalan, murah, enak, porsinya bsa bwad 2x makan.

        Tp klo nasi goreng bikin sndri ttp aja rasanya beda. Blakangan aku baru tau knpa.. Krn nasinya gak pera dn gak pake terasi. Yg bikin gurih terasinya. Klo udh pake terasi ga pake kecap jg udh enak, tambahin sambel ulek πŸ˜‹

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s