TKW jadi bini BULE

Bagian 3

sambungan dari TKW jadi bini BULE bagian 2

14 Juli 2009,

Hari selasa malam jam 8 aku sudah landing di bandara soetta , keluar dari cabin pesawat aku menuju kedatangan di sana terpasang spanduk-spanduk selamat datang pahlawan devisa ! tapi kok kami di giring bak seekor bebek ! entahlah !

di suatu ruang khusus di mana para Pahlawan devisa yg baru dtg dr LN kumpul disitu dan sudah ada travel yg siap mengantar para Pahlawan devisa . Waktu itu kami diharuskan pulang ke alamat berdasarkan domisili yg tercantum di Paspor, lha aku rencana kan gak mau pulang ke kampung…tapi karena di Paspor domisili ku adalah Jember, jawa timur katanya kudu balik ke sana gak bisa nggak ! duh aku memutar otak dan segera nelpon mbak anisa,

“halo mbak anisa aku udah di bandara kedatangan”

“oh ea aku tadi dari situ tp di larang masuk dan gak boleh jemput katanya TKW yg landing di jakarta harus di pulangkan berdasarkan alamat yg tertera di paspor”

“duh gimana ya mbak, aku gak mau pulang kampung karena ntar aku di kawinin kalo balik kampung tau!”

“hah? serius? sama siapa?”

“duh tau ah itu masih keluarga dari bapakku gituh ngebet banget pengen kawin ma aku, makanya aku pulang ini gak bilang-bilang, adik-adikku juga masih butuh biaya kuliah neh kan nanggung banget”

“gini deh, kamu sekarang ada duit cash?”

“ea ada 2 juta doang gak berani bawa cash banyak”

“nah uangmu itu kamu sembunyiin di kaos kaki, pake sepatu kan? trus kamu bilang ke pengurus disitu bahwa kamu tidak ada uang untuk bayar travel, minta di antar ke PT yg memberangkatkan kamu oke?”

“oke deh, makasih mbak tak coba”

“eh inget kalau di tanya di jakarta ada siapa? jangan bilang temen tapi bilang sodara/sepupu gtu oke”

“oke siip”

setelah dengar saran dari mbak anisa aku pun menuju ruangan petugas khusus TKW bermasalah,

tok tok tok…

“ea mbak kenapa?” bapak petugas dg senyum yg ramah

“ems…gini pak, kok aturannya kita mesti balik ke alamat sesuai domisili yg tertera di paspor ya? padahal aku ini gak ada uang…tadinya udah janjian sodara sepupuku yg di jakarta yg akan jemput aku” *pura-pura meratap.

“ya gak apa-apa mbak ntar travelnya di bayar kalau udah nyampe rumah, keluarga mbak yg bayar kan bisa”

“waduh pak mana orang tuaku ada duit segitu pak…orang aku kerja juga tiap bulan kirim buat bayar kuliah adik-adikku, jadi uangnya ya habis pak, tak pikir kalau di jemput sepupu kan aku bisa nyari kerja di sini gtu pak” sambil terus pasang muka sedih.

“oh kasian banget kamu mbak, makanya kalau kerja jangan semua uang di kirim ke keluarga nabung sedikit buat diri sendiri”

“ea ea pak tapi gimana ini udah terjadi, apa gak bisa saya di antar ke PT yg memberangkatkan saya biar besok sepupu saya jemput ke PT?”

“oh ea bisa, itu satu-satunya jalan memang, nama PT nya apa?”

“PT ASM pak”

“lha gak bilang dari tadi! baru tadi Miss Selvi dari PT itu juga jemput salah satu TKW mereka, mbak telat mah”

“duh trus gimana dong pak?”

“ya udah ntar naik travel, travel ini yg akan mengantar mbak ke PT, ingat Travel ini gratis jangan ngasih uang atau apapun sama supir, kalau supir macam-macam laporkan ke nomer telpon itu” sambil si bapak menunjuk spanduk di luar ruangan yg tertera nomer telpon pengaduan.

akhirnya aku pun naik travel dan di anter ke PT tapi berhubung waktu itu sudah malam jam 11 maka PT pun sudah tutup hanya ada security yg menjaga pagar, supirpun dg baik hati mengantarku ke ruang satpam dan menjelaskan bahwa aku tkw dari PT ini dg menunjukkan kertas yg dia terima dari bapak pengurus di bandara tadi.

“malam pak” kata pak supir pada pak satpam

“malam juga pak”

“maaf ganggu pak, ini saya mengantarkan mbaknya TKW PT ini pak, ini suratnya” sambil menunjukkan kertas itu.

“malam mbak” sapa pak satpam padaku

“malam juga pak”

“duh sayang banget mbak ini udah malam jadi gak bisa masuk ke asrama kami hanya menjaga gerbang utama,tidak ada wewenang untuk masuk ke asrama”

“tapi mbak boleh istirahat disini di dalam pos satpam ya, biar kami di luar saja” imbuh pak satpam dg sangat ramah

“ea deh pak gak apa-apa”

dan setelah satpam menandatangani kertas keterangan dari petugas di bandara bahwa dia sudah menerimaku / SITI tkw PT ini dg selamat, pak supirpun melanjutkan tugasnya mengantarkan tkw yg lain.

“mbak siti…saya manggilnya gtu ya?” tanya pak satpam

“ea pak”

“ini ada autan mbak, biar gak digigit nyamuk, disini banyak banget nyamuknya”

“kalau mau mandi silahkan kamar mandi disana, kemudian istirahat di dalam pos ya mbak”

“ea pak makasih banget jawabku”

aku pun mengambil perlengkapan mandi, sabun odol sikat gigi dan handuk serta baju ganti untuk di pakai setelah mandi biar seger badan ini setelah seharian penat. Setelah mandi aku pun istirahat di pos satpam, di luar 2 satpam dan beberapa teman-temannya rame nonton TV sepak bola.

“mbak siti…maaf ganggu, mbak mau mie gelas gak? kalau laper biar saya buatin” kata pak satpam.

ternyata aku lapar 😀

“wah serius pak? boleh neh? mau dong pak laper juga neh saya ternyata”

“siap mbak”

setelah di seduhi mie gelas pak satpam pun memberikannya padaku dan aku gabung sama mereka di luar makan rame-rame

“aku disini gak apa-apa kan pak?”

“oh silahkan mbak”

sambil makan kami pun ngobrol ngalor ngidul , aku bersyukur banger neh orang-orang baik padaku, kemudian aku pun join mereka main kartu 😀 sampe jam 3 pagi aku mulai mengantuk 😀

“duh aku tidur dulu ya bapak-bapak”

“eh ea mbak, pasti si mbak neh capek banget”

“ea neh baru terasa capeknya, selamat malam bapak-bapak”

“selamat malam mbak siti, selamat tidur”

sebelum tidur aku tidak lupa sms mbak anisa bahwa aku sudah di pT dan mbak anisa bilang besok jam 10 dia udah nyampe PT jemput aku.

aku pun terlelap seketika sangking capeknya…dan jam 6 pagi aku pun terbangun dan segera mandi pagi biar seger, adzan subuh pun tak terdengar olehku…dan PT pun mulai kelihatan beraktifitas, Para calon tkw mulai bersenamria OB beberes kantor dan sebagian menyapu lapangan dll.

jam 8 pagi kantor mulai buka dan beraktifitas seperti biasa, dan aku pun di panggil miss Selvi di tanya-tanya apa masalahku dll.

“oh jadi hari ini udah ada yg jemput?” tanya miss selvi

“ea miss, sepupuku katanya ntar jam 10 nyampe sini miss”

“oh oke deh nanti kalau sepupumu udah datang panggil aku di ruanganku ya”

“baik miss”

dan aku pun nyari sarapan , banyak abang-abang jualan depan PT

“pak satpam udah sarapan?” tanyaku

“udah ngopi mbak, ntar lagi pulang sarapannya di rumah aja”

“aku beliin bubur deh pak ya”

“wah mau neng”

“aku juga dibeliin gak neng?” tanya satpam yg satunya

“ea dong pak”

aku pun bawa 2 mangkok buat 2 satpam itu dan semangkok lagi buatku sendiri, mmmss…sudah lama sekali aku merindukan bubur ayam khas jakarta ini. setelah sarapan bubur aku berjalan memutari lapangan sekedar olah raga ringan sambil nunggu mbak anisa datang.

“mbak siti….” teriak Tata anaknya mbak anisa yg berlari menuju ke arahku

“hai Tata sayang udah gede sekarang”

“Tata kangen mbak siti banget tau!”

“mbak siti juga kangen tau!” sambil aku mengangkat tubuh Tata dan menggendongnya serta mencium pipinya.

“untung sit, cara ini jitu kamu bisa di anter kesini”kata mbak anisa

“ea mbak, makasih loh”

“yuk kita ke ruangnya miss selvi trus kita pulang deh”

kami menuju ruangan miss selvi dan setelah tanda tangan di kertas entah apa lagi kami pun di perbolehkan pulang.

“eh siti, kalau mau balik ke taiwan kesini lagi ya” kata miss selvi

“ea miss , tak istirahat dulu miss nanti saya hubungi deh”

akhirnya…nyampe deh di rumah mbak anisa dan ternyata mbak anisa udah masakin kesukaanku…sop buntut buatan mbak anisa memang the best!

“rencanamu piye jane sit?”

“aku direct hiring mbak”

“jadi aku tuh dah bayar ke agent dan sebelum aku balik udah ada majikan tapi aku bilang mau cuti dulu 4 minggu aja”

“oh gtu, ya bagus lah, trus gak pake masuk PT gtu?”

“kata agent nggak mbak, ini juga aku ada tiket balik ke Taiwan loh”

“oh oke deh sit, yg penting kamu sekarang sudah disini baik-baik aja, sebaiknya istirahat sepuasnya biar segeran”

“ea mbak makasih”

bersambung….

 

9 thoughts on “TKW jadi bini BULE

Leave a Reply

