Cara berlatih Headstand ( yoga beginer )

similar postย klick here

Halo para pembaca…aku baru upload video cara berlatih Headstand di channel youtube ku,

aku upload video cara berlatih headstand di channel youtube ku bukan untuk “P a m e R” ya ! tapi aku sangat ingin berbagi pengalamanku bagaimana awalnya aku berlatih headstand hingga akhirnya aku bisa headstand free dg variasi kaki tangan dan lengan yg berbeda.

Selama aku berlatih tidak pernah aku terjatuh apalagi sampai cidera ! nah hal ini lah yg ingin aku sharing, krn pernah aku baca postingan di blog yg aku follow ada yg terjatuh saat latihan headstand sampai cidera punggungnya, sementara aku tidak pernah jatuh selama aku latihan ! Catet ya pembaca *tidak pernah terjatuh*

Apa sih rahasianya ? *gak ada rahasia karena aku akan share di sini neh…! ๐Ÿ˜† awalnya aku latihan headstand dg bantuan suamiku yg memegangi kaki dan menahan punggungku, tapi aku merasa cara ini tidak efektif, akhirnya aku bilang sama suamiku aku mau coba headstand di dinding saja.

Dan ada 2 cara yg aku lakukan untuk berlatih headstand menggunakan bantuan dinding.

berikut foto-foto screenshot yg aku ambil dari videoku,

1.menghadap ke dinding

Note : berlatihlah setiap hari ! Dan saat melakukan headstand ini atur nafas seperti biasanya *tarik nafas dan buang nafas dg teratur *jangan menahan nafas !

bila merasa sudah yakin dg latihan di atas lanjut dg latihan satu kaki menjauh dari dinding,

Tahan posisi ini beberapa detik sekuat kalian *jangan maksa ! Kemudian kembali ke posisi semula dan selalu ย mengakhiri pose ini dg child pose *untuk menstabilkan pernafasan dan detak jantung seperti semula (saat child pose lakukan pernafasan tarik nafas dan buang nafas 2-3x ) .

Note : berlatih yoga itu harus sabar dan disiplin tidak boleh berambisi *kudu harus wajib cpt bisa* krn tujuan yoga itu selain melatih pernafasan juga melatih disiplin dan kesabaran serta menghilangkan rasa ambisius pada sesuatu apapun ! Bila kalian masih merasa berambisi pada sesuatu maka coba lah berlatih pernafasan dulu dg fokus ( tarik nafas…buang nafas…fokus…berucap syukur pada Tuhan atas nafas gratis dan kesehatan yg di limpahkan pada kita) kesampingkan semua E G O .

2.membelakangi dinding

Di posisi ini gunakan kedua siku dan kepala untuk menahan berat badan serta luruskan posisi tulang punggung,

Kemudian setelah bisa dg kaki sebelah coba dg kedua kaki,

Di posisi ini gunakan kedua siku dan kepala untuk menahan berat badan serta luruskan posisi tulang punggung,

Note ; 2 cara di atas untuk menguasai posisi punggung, siku dan kepala saat headstand dg bertahap (coba menguasai half headstand dulu)

Berlatihlah setiap hari, dan setelah merasa yakin cukup bisa menahan posisi ini lanjutkan ke step berikutnya…dari setengah headstand tanpa nempel ke dinding tapi masih cukup dekat dg dinding supaya bila terjatuh masih bisa bersandar pada dinding sehingga tidak sampai cidera.

berikut screenshot yg aku ambil dari videoku,

Lakukan half headstand dg kaki lurus tanpa nempel di dinding tapi masih cukup dekat dg dinding,

Tahan posisi half headstand ini sebentar saja sekuatnya ya jangan memaksa diri !

Nah bila posisi half headstand dg kaki lurus terasa lebih sulit coba half headstand dg melipat kaki,

Latihan half headstand ini setiap hari sampai kalian benar-benar yakin sudah menguasainya baru lah lanjut dari half headstand ke full headstand.

berikut screenshotnya videoku,

Dan berikut screenshotnya half headstand kaki di lipat ke full heafstand,

Nah itu tips nya…bagaimana cara menguasai headstand yg aku lakukan !

Pasti ada yg pengen tau berapa lama sih latihannya sampai akhirnya bisa headstand free ? Jawabannya setiap orang itu beda-beda…ada yg cepat bisa ada yg lama bisanya.

Untuk aku pribadi, mulai aktif yoga sejak tgl 14 januari 2016ย 

dan mulai berlatih headstand itu awal februari terus tanggal 14 februari aku sudah bisa half headstand dg kaki dilipat ke atas tanpa nempel di dinding , dan tgl 19 februari aku bisa menguasai half headstand kaki lurus.

Dari situ aku terus berlatih setiap hari dan tgl 1 maret aku sudah bisa full heafstand dari kaki dilipat ke atas, tgl 5 april aku juga sudah menguasai full headstand dari half headstand kaki lurus.

Aku Terus berlatih setiap hari dan, tgl 20 mei aku sudah bisa headstand dg variasi kaki berbeda.

Tgl 7 juli aku sudah bisa headstand dg variasi tangan yg berbeda. Jadi aku ini termasuk cepat progressku dalam beryoga.

Untuk saat ini lagi berlatih scorpion pose dan masih belum bisa tanpa dinding ๐Ÿ˜… setelah nanti berhasil menaklukkan scorpion pose aku akan lanjut dg handpress / handstand.

Semoga bermanfaat ya pembaca…semangat jaga kรจsehatan !!!

21 thoughts on “Cara berlatih Headstand ( yoga beginer )

    1. Aku sebagai amey di postingan sebelah ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… disini aku ima ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† justru ini nyembuhin sakit kepala dan migrain ra ! Dg posisi ini oksigen lebih lancar mengalir ke otak n bagian kepala

      Like

    1. Klo nempel ke dinding bisa loh tanpa bantuan org lain pokoknya pastikan punggung nempel ke dinding trus tahan kedua siku jgn bergeser pelan2 angkat kaki ke atas udah deh…posisi ini katanya bikin wajah berseri ๐Ÿ˜‰

      Like

Leave a Reply

