TKW jadi bini BULE

Bagian 4

sambungan dari TKW jadi bini Bule Bagian 3,

12 agustus 2009, dengan penerbangan selama 5 jam Jakarta-Taipei aku pun tiba di negeri formosa untuk ke dua kalinya, setelah keluar dari cabin pesawat aku pun segera mengaktifkan sim card nomer hp Taiwan, tak lama kemudian hp ku menangkap sinyal dan hp ku pun berdering…ternyata agent yg menelponku,

“siti…sudah landing kan?”

“ea ini lagi jalan menuju ke kedatangan”

“oh ea aku gak bisa jemput, dan kamu bisa naik taxi kemari kan?”

“omg bapak…aku gak ada NT (mata uang Taiwan) ntar aku naik taxi bayar pake rupiah gituh?”

“kamu naik taxi menuju kantor agent ntar biar Nana yg bayar”

“tapi aku ada YOYO card kayaknya masih 700NT aku naik bis aja ya pak, aku mau mampir ke main stasiun Taipei mau ke restoran Indo,mau beli bakso pak”

“aduh Siti baru juga balik dari Indonesia masa sudah kangen bakso makanan Indonesia sih?”

“ya dingin pak…biar anget makan bakso kuah yg panas kan enak”

“ya udah terserah, jangan sampe larut malam ntar mainnya di stasiun krn besok pagi-pagi kamu udah harus ke tempat bos barumu”

“siap pak! makasih”

begitulah percakapanku dg agent, kampret gak di jemput mana bandara Taoyuen itu jauh dari kantor agent hadew…ya sudahlah sekalian mejeng ke SOGO department store karena kebetulan transit MRT nya di situ hehe.

keesokan harinya pagi-pagi jam 8 pun agent mengantarku ke Yilan (satu kota di Taiwan 40menit dari Taipei) di kota ini suasananya sangat sejuk seperti di pegunungan, konon segala sayuran yg di tanam di daerah ini hasilnya lebih manis. Aku pun sudah membuktikannya bawang bombay di Yilan rasanya tidak pedas tapi renyah dan segar berair berasa makan buah bengkoang !

Ternyata mobil agentku berhenti di satu flat ada sign nya bertulis (Baby & Mom’s care centre) aku belum tau sama sekali jobku kali ini sebagai apa, kemudian agent menjelaskan majikanku pemilik Baby & Mom’s care centre di sana ada 8 kamar di sewakan untuk para ibu-ibu yg baru melahirkan, majikanku mengurus segala keperluan si ibu yg baru lahiran ini, dari makanan hingga perawatan setelah melahirkan dan juga ada satu ruangan khusus perawatan bayi yg baru lahir (biasanya bayi mulai umur 3 hari setelah di perbolehkan keluar dari RS bersalin langsung di rawat di tempat majikanku beserta si ibu sang bayi, dan khusus perawatan bayi majikanku ada 3 perawat/suster yg gantian shiff setiap 8 jam selama 24 jam. Majikanku yg memasak segala makanan dan jamu tradisional Cina untuk para sang ibu yg baru lahiran ini. Jadi tugasku adalah membantu majikan (bersih-bersih) kamar ibu-ibu,ruang tunggu,dapur dan membantu masak.

Setelah basa-basi agent menyerahkan aku pada majikan dan sepertinya mereka suka dg ku…aku pun antusias untuk mulai beraktifitas, pagi itu jam 10 pagi. Majikanku mengantarkan aku ke Kamar, aku senang dapat kamar pribadi dan TV dalam kamarku, majikan baruku sangat ramah, dia wanita berumur 57th !

“Siti, kamu panggilannya siti?”

“ea, aku siti”

“nama margamu apa?”

“aku gak punya nama marga”

“kamu bahasa mandarinnya sangat bagus dan kulitmu juga tidak begitu gelap, kamu cantik, matamu seperti orang Shan Shang (orang cina Taiwan pegunungan), gini sebenarnya kamu kerja disini termasuk illegal kamu tau itu kan?”

“ea banyak kok yg begitu krn di Taiwan kan kerja legalnya hanya Care giver jaga lansia”

“oke jadi kamu ngerti ya, di sini kita dapet kunjungan dokter tiap hari selasa dan kamis untuk mengontrol para bayi, dan juga banyak pengunjung dari keluarga ibu dan bayi yg tinggal disini, jadi aku mau kamu pura-pura kalau kamu itu orang lokal”

“hah?!gimana bisa?mereka kan pasti bisa liat aku berbeda dg orang lokal”

“aku memilih kamu dari sekian list yg agentmu kasih karena dari fotomu kamu terlihat seperti orang lokal Shan Shang,tambah lagi kamu sangat lancar berbahasa mandarin dan juga inggris”

“nah kalau orang Shan Shang kan pasti punya nama marga, kalo mereka tanya aku marga apa , aku harus jawab apa?”

“margamu KING namamu yue mei (King yue mei) panggilanmu AMEI oke?”

“KING Yue Mei, Amei? oke kayaknya bagus juga kedengerannya”

“trus jam kerjaku gimana dan apa saja tugasku?”

“jam kerjamu pagi mulai jam 7 bersih-bersih ruang tunggu dan bantu aku siapin sarapan pagi untuk ibu-ibu dan untuk kita juga, jam 8:30 pagi jam sarapan para ibu dan jam 9:30 kamu mulai beres-beres ruangan mereka satu persatu, kalau jam 11 kamu sudah beres kamu bantuin aku masak di dapur, jam 1 siang jam makan siang dan setelah makan siang selesai beberes dapur dan kamu boleh istirahat siang selama 2 jam boleh tidur siang atau di kamarmu nonton tv terserah, trus jam 4 sore bantu aku masak untuk makan malam jam 6-7 malam jam makan malam, jam 8 malam kamu sudah boleh mandi dan istirahat”.

“oke, aku mulai beresin kamar ibu-ibu sekarang”

“oh ea, itu mesin cuci, kalau kamu ada baju kotor lempar saja ke mesin cuci kita nyucinya bareng, kadang ada ibu bayi yg nitip baju, kalau kamu liat mesin cuci udah penuh mulai cuci, tapi gak mesti kamu, kalau aku lagi liat aku yg mencet mesin cuci kalo suster yg liat ya suster yg nyuci, jadi disini kerjanya bareng-bareng dan makan juga bareng oke…ingat King Yue Mei”

“oke, aku Amei”

akupun mulai beraksi berinem ria πŸ˜€ beres-beres kamar ibu-ibu satu persatu…duh ibu-ibunya ramah-ramah…kenalan ma aku eh ada yg lebih ramah lagi bilang,

“nama kamu siapa?”

“aku Amei”

“marga?”

nah tanpa basa basi pun mrk mengira aku org lokal πŸ˜€

“King, King Yue mei”

“kamu dari Shan Shang?”

“ea”

“oh kenalin aku Wang tuo mei, mama nomer 2” (maksudnya dia penghuni kamar nomer 2,disini para ibu di panggil berdasarkan nomer kamarr, i hau mama (mama kamar nomer 1, erl hau mama (mama kamar nomer 2 dan seterusnya)

“oh ea tadi suamiku udah nyuci wc nya dan udah ngepel lantai jadi kamu gak usah beresin kamarku hari ini, makasih ya”

“wah oke deh”

asyik kerja hari pertama dapat bonus bebas beresin 1 kamar haha πŸ˜€ yah begitulah pekerjaanku setiap hari, bantu majikan masak dan bersih-bersih, seneng sih kerja di sini krn orang nya ramah-ramah, susternya jg baik, semuanya kekeluargaan banget, sering dapat kue dari para ibu, dan cemilan juga. Tanpa di suruh aku berinisiatif ikut membantu suster ngasih susuk ke bayi, kebayang kan 1 suster jaga 8 bayi pas lg ngasih susu ke bayi yg satu trus yg satunya jg nangis minta susu/popok basah ya perlu di bantu…aku sering bantuin dan memang karena aku jg sudah pengalaman jadi baby sitter kadang aku jg bantu mandiin bayi. Majikanku tambah sayang padaku…

total suster ada 3 orang dan Satu suster jaga 8 bayi yg baru lahir pershiff, shiff pagi dari jam 8 pagi – 4 sore, shiff sore dari jam 4 sore – 12 malam, dan shiff tengah malam dari jam 12 malam – 8 pagi. setelah 4 bulan aku bekerja di Yilan salah satu suster mengundurkan diri pas suster yg jam kerjanya shiff sore dari jam 4 sore – 12 malam, majikanku pun kelabakan nyari karyawan baru karena kalo g secepatnya dapet suster baru ya berarti dia harus lembur jaga bayi. ada beberapa org yg dtg untuk melamar posisi suster tapi setelah tau jam kerjanya dari jam 4 sore ke jam 12 malam mereka gak bisa, krn jam 4 sore itu jamnya anak-anak pulang sekolah jd mrk ini kudu jemput anaknya, jadi susah cari suster baru untuk di posisikan di shiff sore, ada 1 orang yg mohon-mohon untuk di pekerjakan tapi minta shiff pagi, nah suster yg shiff pagi gak mau di tukar karena ya itu dia juga punya anak yg harus di jemput dr sekolah jam 4 sore gtu, akhirnya majikanku tanya sama aku,

“Amei, gimana kalau kamu saja yg ambil posisi suster shiff sore?, nanti orang tadi yg menggantikan posisimu?”

“kalau orang tadi mau, ya aku gak keberatan”

majikanku menghubungi orang tadi dan ternyata orang tadi sangat gembira mengambil posisiku dan aku sebagai suster shiff sore,

dan jam kerja ku pun jadi mulai dari jam 4 sore – jam 12 malam, tapi aku juga tetap sih bantu-bantu majikan kalau memang di butuhkan, tapi majikanku juga baik selalu bilang padaku,

“Amei mending kamu istirahat aja karena nanti kamu mellek sampai jam 12 malam loh”

seneng banget, kerja sama majikan ini sangat perhatian sekali !

Ini beberapa foto waktu aku jadi suster jaga 8 bayi πŸ˜€

190620111306190620111308

Bayi-bayi ini karena baru lahir mereka gak rewel/cengeng paling nangis dikit krn laper waktunya minum susu, atau karena popoknya basah, selebihnya bayi-bayi ini bobo atau kadang melat melet berbunyi suara suara lucu dan akhirnya tertidur πŸ˜€

Tapi…kalau sudah ada yg mengunjungi neh bayi trus di bawa ke kamar ibunya dan di dalam kamar ibunya si bayi ini jadi piala bergilir πŸ˜€ maksudnya tuh di gendong bergiliran…semuanya yg ada di kamar itu menggendong si bayi, nah bayi ini mahluk yg sangat cerdas loh! sekali dia tau rasanya di gendong maka dia bakal rewel kalau gak di gendong! ya udah kalau dah begitu rame dah ruangan bayi πŸ˜€ si bayi yg siang tadi jadi piala bergilir malamnya jadi pak RT di ruang bayi alias rewel ampiuuuun nangis jerit-jerit sampai membangunkan bayi yg sebelahnya yg lagi tidur lelap pun ikutan nangis dan…satu ,dua bayi nangis lainnya pun ikutan nangis duh lalalala πŸ˜€ aku cuma punya tangan 2 g bisa gendong semua bayi πŸ˜€ dan memang tidak boleh di gendong ! demi kebaikan si bayi dan si ibu nanti kalau mereka sudah balik ke rumah masing-masing biar si ibu gampang ngerawatnya. Ya aku biarkanlah mereka jerit-jerit nangis minta gendong EGP πŸ˜€ salah ibunya tadi di biarin jadi piala bergilir kan udah di tulis tuh tata tertibnya di larang menggendong bayi ! apalagi mengayun-ayunkan bayi πŸ˜€ kalau si penjenguk bayi mau mellek semaleman nemenin suster ya silahkan hahahaha πŸ˜€

akhirnya setelah capek menggeliat nangis minta gendong gak ada yg gendong pun para bayi terlelap dan aman…:-D tugasku memastikan bayi minum susu tepat pada waktunya dan cek popok pastikan popok bayi nyaman dan kering bila basah/kotor ya di ganti.

Mama kamar nomer 2 tiba-tiba masuk ruangan bayi bawa sekantong asi untuk aku simpan di kulkas (jadi di sini para ibu memompa asi mereka dan kami para suster yg memberikan susu pada para bayi dg botol kalau yg sudah di kulkas kita hangetin dulu ) kalau siang bayi beberapa kali di asi langsung dari mamanya, pas mama kamar 2 masuk ruangan pas jam 11 malam pas di mana para bayi pada ngobrol-ngobrol dg bahasa mereka πŸ˜€ … nangis tralala πŸ˜€ nangis trilili πŸ˜€

“Amei, waduh ini pasti gara-gara bayi kamar 3 ya tadi dah jadi piala bergilir”

“hah? mama kamar 2 kamu tau?”

“ea lah kamarku kan sebelahan dg dia tadi aku sempat liat bayi kamar 3 duh di gilir di ayun-ayun”

“haha besok neh kalau masih rewel tak kasih ke mamanya πŸ˜€ ”

“ea betul tuh biar dia tau bagaimana rasanya liat bayinya rewel, bukan kita g mau gendong tp kan kasian kalo gara-gara kebanyakan di gendong trus bayi nya rewel”

“ea itu, mama kamar nomer 2 tapi mrk kadang tidak mengerti”

“ea mrk pikir duh kasian bayi kok g di gendong ntar kalau di rumah sendiri trus bayinya semalaman rewel krn minta di gendong ya apa sanggup?”

“ea maka dari itu…besok tak bilang ke majikan deh biar di adakan meeting conselling ke para ibu-ibu yg lain demi kebaikan mereka dan bayi mereka juga”

“kamu sampai jam berapa shiff nya?”

“30 menit lagi, ntar lagi suster pasti dateng”

“ya udah aku bantu liatin para bayi, kamu cucu dan steril botol-botol dot bayi gieh”

“oke deh, makasih ya”

tak lama kemudian suster shiff malam pun tiba untuk menggantikanku…

bersambung…

 

 

29 thoughts on “TKW jadi bini BULE

      1. Ea pengen jalan2 kesana lagi neh 😍 Taiwan tuh asyik publik trans murah kemana2 gampang kyk di singapor gtu. Aku stay di UK tapi bukan di Londonnya ida πŸ˜‰ aku di pulau Isle of wight kalau dari London tuh sekitar 3 jam by bus/train

        Liked by 1 person

      2. Kalau di eropa sana, transportasi terjamin banget ya nyaman katanya. Nabungnya baru buat ke korea . Anak anak pengennya ke sana. Jd inshaallah kl pulang dr korea nabung lagi buat ke tempat lain. Mudah2an cukup buat ke eropa hehe

        Liked by 1 person

      3. Eh klo pernah nonton hitam putih yg 17juli klo g salah ada loh penulis buku traveling 5juta keliling eropa dia mengadakan trip bareng para pembaca bukunya…ke italy yg udah tuh 2,5juta selama di italy 6hari itu untuk makan 3x sehari dan untuk penginapan n jalan2 lain uang tiket…katanya pp tiketnya sekitar 8juta-12juta loh per orang…

        Like

    1. Sbnrnya bayi baru lahir tuh g rewel ad asal cukup minum susu/asi di indo bnyak yg krg paham dipikir udah nenen udah cukup…padahal bayi masih laper tp asi nya dari si ibu kurang…si ibu kadang mikir krn td liatnya air asi sampe meluap di mulut si bayi di pikir cukup padahal rata2 klo baru lahiran asi si ibu klo pompa g lebih dari 80cc doang πŸ˜… dlm sehari nah bayi minum susunya 30cc / 2 jam itu kalo baru lahir…makanya di indo bnyak bayi yg rewel krn g di perhatikan brp cc si bayi minum asi, taunya tiap nangis di tempelin ke nenen si ibu ya udah ibu nya capek semaleman begitu πŸ˜…

      Like

      1. Ea ad…bayi tuh g bakal rewel asal minum susunya pas dan popoknya nyaman…klo masih nangis berarti mgkin sakit gtu…kyk kembung krn bayi rentan kembung

        Like

    1. Maksudnya klo ada pengunjung liat si bayi n si ibu para pengunjung itu gantian gendong si bayi seharian πŸ˜… justru klo baru lahiran harusnya si ibu g boleh bobo ma bayi biar si ibu bisa bobo nyenyak dan dg bgini si ibu akan produksi asi lebih banyak…klo ibu kecapean n kurang bobo asinya jadi dikit gtu kata si bos…ini sih sampai si ibu selesai masa nifas nya aja sih ra sekitar 4-6 mingguan

      Like

      1. Woooooow kereeeeeeen banget,mey. Eh kamu kerjanya yang bagus yaaaa.. biar org2 makin cintaaaa sm kamu..

        Kalau dsini baru lahiran langsung bobo sm bayii. Mulai deh drama ga tidurnya πŸ˜€

        Liked by 1 person

      2. Nah dari itulah πŸ˜… kan kasian si ibu pertiwi πŸ˜† ea klo ada kakek/nenek nya yg bisa bantu gantian jaga bayi sih enak tp klo bnr2 hrs sendiri kasian si ibu pst kecapean πŸ˜…

        Like

    1. Hahaha klo bayi baru lahir itu gampang mei biasanya g rewel asal cukup minum susu n popoknya g basah trus belum tau rasanya di gendong di ayun-ayun jd ya g rewel…klo bayi yg udah biasa di gendong di ayun2 susah jaganya…dikit2 nangis πŸ˜…

      Like

      1. Ea mei banyak baby / balita di indo ya bgtu kebanyakan di gendong di ayun2 pula πŸ˜… wkt di bali ada tuh tetangga baby nya gtu…di gendong masih nangis minta di ayun2 sambil di gendong coba πŸ˜… taruh di kasur nangis kyk di cubitin gtu ampiuuun πŸ˜…

        Like

Leave a Reply

