Balada Bumbu kare Indonesia di Inggris

Cara bikin Lontong dg foil baca di sini

Waktu aku kecil belum ada makanan instans seperti indomie, supermie dll apalagi bumbu instant ! Listrik dan TV aja belum ada di kampungku waktu itu 😅 jadi semua segala sesuatu tuh masih sangat alami, 

Tiap kali emmakku masak pasti nguleg 😅 gak kayak jaman sekarang apa-apa serba instans…bumbu kare instans,bumbu soto,bumbu rendang dll semuanya tersedia dalam kemasan instans. 

Tapi aku tidak biasa dg bumbu instant…jadi walau sekarang aku tinggal di Inggris , tetap aku selalu memutar otak untuk bikin bumbu-bumbu sendiri dg rempah-rempah seadanya yg bisa aku beli di sini.

Bisa dilihat di foto di atas deretan bahan-bahan bumbu kare,

Jahe, bawang putih, bawang merah (aku tambahin bawang bombay) krn bawang merahnya kurang banyak dan sudah habis 😅, kemiri, daun jeruk purut (gak nemu yg fresh adanya yg kering ya sudahlah 😅 ) , cabe merah kering (aku rebus biar lunak) *belajar dari emmakku sih kalo bikin bumbu kare pake cabe kering biar bumbunya kemerahan gitu kata emmak 😅 , laos/lengkuas aku pake yg powder 😅 , merica, ketumbar dan kunyit pun pake yg powder 😅 *oh iya sebagian orang bikin bumbu kare g pake ketumbar tapi ini resep emmakku pake ketumbar enak 😍 trus kalo orang singapura bikin kare pake daun kare aku sih nggak…cukup daun jeruk purut saja, trus bisa di tambahin daun serreh berhubung daun serreh sangat mahal ! Disini 4 batang serreh ukuran 7cm harganya 1.50 pound lebih dari 20ribu rupiah…ogah ah 😅 mahal amit 😅

Kemudian semua bahan aku masukin ke mangkok besar dan diblender dg blender tangan *gak nguleg lah ntar encok tanganku 😅

Trus aku tambahkan minyak biar cepat halus *jangan tambahin air ntar nyiprat kemana-mana pas digoreng 😅

Tuh kan udah halus 😍 gak capek nguleg dan gak pake lama 😝 bumbu pun siap digoreng dg api kecil biar gak gosong.

Sudah selesai dan siap disimpan di kulkas buat stok bumbu 😉 bumbu ini tahan laaamaaa aku freezer aja biar tahan lebih lama.

Trus kalo mau masak kare cukup ambil 1sendok ato 2 sendok saja,

Tumis bumbu dan ayam dan kentang,

Tambahkan air secukupnya/santan cair,

Biarkan sampai mendidih, tutup panci dan kecilkan api, masak selama 20-30 menit kemudian masukkan santan kental, dan tambahkan garam dan gula secukupnya.

Kare pun siap dihidangkan,

Aku bikin urap juga 😅 caranya gampang cukup pake kelapa parut saset, panaskan teflon masukkan air tambahkan bawang putih powder dan ketumbar powder ,garam dan gula secukupnya dan 2 lembar daun jeruk purut kering, setelah mendidih masukkan kelapa parut aduk rata…siap di urap-urap dg sayuran pilihan anda 😉

Aku pake kubis dan wortel trus buncis dan kacang panjang dapat metik dari kebunku 😍

Kombinasi kare dan sayur urap pun jadi makan malamku 😋

NB : bumbu kare ini juga bisa untuk bumbu ikan/seafood asam pedas atau untuk bumbu ayam masak merah 😍

Have a good day every one 😉

9 thoughts on “Balada Bumbu kare Indonesia di Inggris

Leave a Reply

