TKW jadi bini BULE

Bagian 4

sambungan dari TKW jadi bini BULE bagian 4

Sejak bulan Desember tanggal 17 tahun 2009 tepatnya 4 bulan sejak aku bekerja di yilan aku di posisikan sebagai suster bayi shiff sore jam 4 – jam 12 malam, dan seingatku mama bayi kamar nomer 2 selalu pasien yg sangat perhatian padaku *entahlah…mungkin angka keberuntunganku ! sejak hari pertama aku bekerja mama kamar nomer 2 yg dekat dg ku dan sekarang aku di posisikan sebagai suster pun mama kamar nomer 2 yg juga perhatian padaku lebih dari mama-mama yg lain.

Suatu pagi ketika aku masih di kamar asyik nyobain baju baru dapet di kasih mama kamar nomer 2, eh si bos tiba-tiba masuk kamarku Β πŸ˜€

DSC0014

“ih si bos masuk gak ketuk pintu bikin kaget aja”

“cakep bajunya mei, mau kemana?”

“nggak kemana-mana bos, cuma nyobain aja ini baju dapet di kasih mama kamar nomer 2”

“eh amei a…kamu kan kerja shiff sore, mang kamu gak pengen jalan-jalan?”

“maksudnya bos? aku boleh libur ?”

“ya libur mah beda mei, kalo libur kan setelah 6 bulan kerja kamu aku kasih libur 1 hari setiap hari minggu, kalau sekarang maksudku tuh dari pada kamu bosan berhubung jam kerjamu jam 4 sore ya kamu boleh kok jalan kemana…gitu, yg penting jam kerja kamu harus ada disini”

“wah serius bos? asyiiik…makasih ya bos…”

Desember di Taiwan musim dingin, sebenarnya sih males keluar kalau lagi musim dingin tapi kadang bosan kalau gak jalan ya akhirnya jalan deh πŸ˜€

ini pas musim dingin ke Miramar lumayan cuci mata πŸ˜€

CIMG1946CIMG1945

trus ini pas udah musim semi di Taiwan tuh ada flora expo setiap musim semi…jadi di flora expo tuh bermacam-macam tanaman di pamerkan ! selama musim semi.

CIMG1331

trus kalo musim panas aku biasanya juga berenang bareng teman-teman,

1068883_355371784589439_326810757_n

kadang juga ketemuan ma teman di rumah agent trus main kartu trus yg kalah di coret mukanya pake pensil alis πŸ˜€ bisa di tebak kan mana yg sering kalah…yg pasti yg paling banyak coretannya hahaha πŸ˜€

13543_101661696524043_3848800_n

Back to work πŸ˜€

suatu hari ada keluarga ibu yg baru lahiran datang memohon-mohon ke bosku supaya bayi dan ibunya dibolehin ikut program perawatan ibu dan bayi di tempat bosku, namun karena 8 kamar sudah full dg berat hati bosku tidak bisa menerimanya. Tapi lagi-lagi keluarga si ibu itu datang memohon-mohon…katanya mereka kualahan merawat sang bayi karena rewelnya minta ampiuuun ! Bayi ini sebenarnya sudah umur 2 minggu, rata-rata bayi yg masuk di program bosku biasanya yg baru lahir pas baru keluar dari RS bersalin dan satu sesi perawatan minimal 4minggu dan maximal 3bulan *ini pun khusus si bayi *yg begini biasanya yg mamanya bekerja dan harus balik kerja jadi nitipin bayi di tempat bosku sampai bayinya umur 3 bulan biar dia lebih gampang momongnya , tapi si mama tiap hari datang jenguk sang bayi.

Kemudian krn aku merasa kasian aku berusul sama bos gimana kalo ibu itu ambil kamarku aja, aku tidur di lantai bawah di flatnya kakak pertama*anak pertama bosku*, ternyata bosku pun tidak tega dg orang itu dan setuju dg usulku.

Ternyata…neh bayi rewelnya…astaga nagaaaaa…pas jam kerjaku mulai jam 9 malam sampai jam 11 malam tuh bayi nangis jerit-jerit eh busyet deh…sampe bayi-bayi yg lain terganggu pada nangis πŸ˜€

140720111323

aku tengkurepin dan tepuk-tepuk pantatnya sambil aku nyalain musik khusus bayi akhirnya lelap juga *lap keringat*

Bayi ini rewel ternyata memang salah ortunya salah perhatian πŸ˜€ awalnya katanya kasian pas baru lahir gak rewel trus di gendooong terus sama bapaknya πŸ˜€ trus kalo nenen gak di atur gak di perhatikan berapa cc sang bayi sudah minum kira-kira, pokoknya nangis langsung tancepin ke nenen, nangis tancepin ke nenen…akhirnya keterusan…si ibu kualahan karena kalo sang bayi terbangun dan nenen gak di bibirnya si bayi langsung nangis ! si ibu kecapean akhirnya harus tidur dg posisi miring terus menerus demi nempelin nenen ke bibir si bayi semaleman…nah itu dah akibatnya…capek senderi kan.

Pas udah di tempat bosku setelah 3 hari bayi ini pun sudah beradaptasi dg cara perawatan kita, dia sudah gak rewel lagi, dan kami…aku dan 2 suster lagi dan bosku selalu mengajarkan pada ibu-ibu ini untuk mencatat berapa cc sang bayi minum, jam berapa minum, habis dlm berapa menit, krn dg begitu kita bisa mengira-ngira waktu minum susu selanjutnya…kalau sudah jamnya gak perlu nunggu si bayi nangis kita bisa langsung menyusui si bayi tersebut. Semua aktifitas bayi harus di tulis, BAB nya jam berapa, jam berapa bobonya, pipisnya gimana, warna BAB nya gimana dll,krn dg hal ini kita bisa memantau si bayi sehat apa nggak? bila nangis kemudian minum susu udah, popok jg g basah tapi nangis gak karuan? liat catetannya…si bayi hari ini sudah BAB belum? kalo belum kemungkinan si bayi sakit perut dan gak bisa BAB kita pun bisa memijit perut si bayi dg cara memutar di bagian pusar ke bawah. Atau karena bayi capek…kita perlu loh membolak balik bayi sesekali, miring ke kiri, miring ke kanan, telentang, dan tengkurap. Ibu-Ibu di indonesia di kampung khususnya, rata-rata mereka membiarkan si bayi terlentang terus menerus…padahal tengkurap itu sangat baik untuk perkembangan otak si bayi, bila bayi biasa di tengkurepin lehernya cepat kuat, tangannya jg cepat kuat (tentu saja asal jagan di tengkurapin di lantai…ya sakit dadanya ntar πŸ˜€ ) dan bila bayi di tengkurepin kudu wajib di awasi gak boleh di tinggal sendirian ntar kepalanya nyangkut di kasur eh g bisa nafas kan berabe.

Yg paling penting lagi Bayi di bawah umur 10 hari wajib kudu harus di awasi,pastikan cukup cahaya *jangan biarkan bayi bobo tanpa lampu* minum susu tiap 2 jam *kalo bayi minumnya masih dikit-dikit susu nya gak mungkin bertahan sampai 2 jam sudah lapar lagi* kalo bayi yg mimik susunya pinter bisa sampe 4 jam, dan minimal tiap 2 ato 4 jam ini bayi harus di bangunkan kasih susu atau cek popok *pastikan bayi cukup susu dan pipis serta BAB teratur. Sebagian orang kurang paham akan hal ini…di kira bayi diem aja gak nangis eh di biarin sampe lebih dari 4 jam, resikonya bila di bawah umur 10 hari bayi ini lebih banyak bobo hingga kurang susu dan pipisnya dan BAB nya pun tdk teratur dan kurang cahaya maka Bayi ini lebih rentan kena penyakit yg di sebut penyakit *KUNING* tau kan penyakit kuning ini apa? itu yg bayinya akan berubah warna jadi kuning banget ! trus akhirnya akan jadi penyakit liver. kasian kan…jadi mending di perhatikan ya…

140720111324

ini salah satu bayi yg kena kuning sejak di RS bersalin, jadi di bawa ke tempat bosku masih terus di pantau perkembangannya oleh dokter.

bersambung….

Advertisements

10 thoughts on “TKW jadi bini BULE

    1. Hi pypy salam kenal balik πŸ˜‰ makasih udah mampir ke blogku dan ngikutin cerbungku…ea ini masih panjaaang ceritanya πŸ˜† tunggu lanjutannya ya akan update seminggu sekali…πŸ˜‰

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s