Gudeg Jogja (pertama kalinya bikin gudeg)

Similar post here

Gudeg komplit ala imavandam

Minggu lalu tiba-tiba pengen makan gudeg 😅 satu-satunya cara ya kudu masak sendiri 😆 selama ini belum pernah masak gudeg jadilah aku nyari resep gudeg di pinterest bacanya sampe gimana gitu membayangkan masak gudeg yg original memakan waktu hingga 8 jam ? Omg 😅 

berhubung gak nemu nangka muda yg fresh kayak di pasar-pasar di indonesia, aku pun nyoba pake nangka kaleng yg kebetulan aku liat di toko asia…dan berikut bagaimana aku mengolahnya hingga menjadi gudeg 😆


Nah itu lah bahan-bahannya, ada nangka muda kalengan, bawang merah *aku pake bawang bombay, bawang putih, kemiri, daun salam dan daun jeruk aku pake yg kering, serreh aku pake yg powder 😅, ketumbar dan lengkuas jg pake yg powder *seadanya senemunya 😅 untuk perasa aku pake garam dan gula.

Nguleg eh ngeblender yak 😆

gak pake nguleg pake hand blender serrrrr gak 1 menit udah beres 😅

Oh ea daun salam dan daun jeruk gak aku uleg eh blender 😅 cukup di masak bareng…oh ea di resepnya yg aku ikutin masak gudeg tuh bumbunya gak usah ditumis tapi langsung di masak bareng nangkanya. Aku masak sekitar 30menit berhubung nangkanya udah empuk dari kalengnya…trus aku gak suka gudeg yg superrr manis…jadi disesuaikan dg lidahku saja, lha setelah di icip rasanya mantaaap 😋 tapi warnanya kok pucat trus…ssssstttttt…aku kasih kecap hitam 😅 barulah keliatan gelap ala-ala gudeg di warteg 😆

 Tadinya gak hancur kayak fotonya ini…cuma di pinterest liat gudeg wujudnya pasti hancur gitu…ya aku aduk-aduk sampe hancur 😅 trus pengen gudeg klomplit kayak di pinterest gituh ada sambal kereceknya ada ayamnya dan jg ada telur *sambal kereceknya aku pake kentang goreng,tahu goreng dan tempe rasanya mantap lah dan gak pedas juga, trus ayamnya klo di pinterest di masak opor nah punyaku tak grill aja 😅 telurnya direbus saja trus di goreng dan belah dua cukup deh buat aku separuh buat suamiku separuh 😆 dan tambah oseng-oseng sayur *hasil panen dari kebun sendiri 😍 dan beginilah gudeg komplit ala imavandam 😍


Seru banget masak masakan nusantara tuh ribet tapi rasanya juara 😋 #lidahudik bin #lidahkampungan ya begini dah 😅

Have a nice day everyone 😉

Advertisements

7 thoughts on “Gudeg Jogja (pertama kalinya bikin gudeg)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s