Resep Bakso Sehat Kaya Serat !

similar post klick here

20160824_092013.jpg
penampilan Bakso buatanku udah kayak bakso abang-abang pinggir jalan kan 😅

Kenapa aku kasih judul Bakso sehat kaya serat? karena pada umumnya bahan bakso ini memakai tepung kanji yg sangat tidak baik untuk pencernaan , dan aku tidak memakai msg . oke deh lanjut baca…

Bahan-bahan bakso sehat kaya serat :

20160823_105728.jpg20160823_110803.jpg

500 gram daging sapi (lessfat)

1/2 sdt baking soda

air es secukupnya

garam secukupnya

es batu secukupnya (aku pake stock kuah kaldu sapi aku bikin sendiri dan aku freezer)

200 gram oat (merk apa aja) di blender biar jadi halus kayak tepung.

20160824_092544.jpg
aku pake oat ini

Bahan-bahan kuah :

tulang sapi seperti di foto di bawah ini,

20160823_101322.jpg
tulang sapi di blanch di air panas biar kuah bakso bersih
20160823_095525.jpg
ini setelah di blanch dan di cuci
20160823_100706.jpg
20 siung bawang putih dan merica secukupnya (aku pake merica bubuk)
20160823_100909.jpg
di uleg/di blender (bagi dua yg separuh untuk kuah yg separuh untuk bakso)

Cara bikin kuah :

masukkan bumbu yg di haluskan dan Tulang yg sudah di balnch kedalam panci , tambahkan air secukupnya dan masak kira-kira 2-3 jam bila pake panci biasa, aku pake pressto cooker cukup 1 jam saja.

20160823_101353.jpg
kuah bakso aku masak pake pressto cooker

dan ini wujud tulang setelah 1 jam di pressto,

20160823_115100.jpg
tulang setelah 1 jam di pressto

ambil bagian uratnya bisa buat isian bakso urat,

20160823_122514-1.jpg

Cara bikin bakso :

masukkan semua bahan (daging, oat yg sudah di blender,baking soda,bumbu yg di haluskan,dan es batu yg di hancurin,serta garam secukupnya),

aku gak punya food processor jadi pake mixer saja 😅 πŸ˜‰

mixer hingga tercampur rata dan tambahkan air es hingga adonan cukup kenyal,

20160823_122509.jpg
campur semua bahan
20160823_122944.jpg
ini hasilnya sebelum di kasih air es
20160823_124106.jpg
ini setelah di kasih air es

mari kita bentuk baksonya,

Caranya siapkan air yg mendidih dalam panci, kemudian kecilkan api (saat memasukkan adonan bakso air tidak boleh mendidih) supaya bakso mateng pelan-pelan mengapung dalam air yg panas tapi tidak mendidih dg begitu hasil baksonya akan sangat kenyal !

20160823_130121-1.jpg
bulet-buletin pake tangan
20160823_130145-1.jpg
gunakan sendok untuk memasukkan bakso ke dalam air panas
20160823_141546.jpg
biarkan sekitar 15 menit supaya matang

dan ini dia setelah mateng,

20160823_132405.jpg
textur baksonya berlubang-lubang pertanda baksonya kenyal top markotop !

dan ini bakso uratnya,

20160823_131658.jpg
gede banget ya…mantaaap ! 😍

cara penyajian :

ambil kaldu rebusan tulang secukupnya rebus hingga mendidih…tambahkan garam secukupnya, goreng bawang merah secukupnya, dan cincang daun seledri secukupnya, rebus mihun secukupnya (aku tambahkan dumpling buatanku sendiri)

20160824_092013.jpg
dan inilah penyajian bakso sehat kaya serat ala nyonya Vandam 😋

selamat mencoba ! πŸ˜‰

Advertisements

18 thoughts on “Resep Bakso Sehat Kaya Serat !

  1. Jd mirip bakwan malang tuh yg ada pangsitnya.. Moga2 ada kesempatan bwad nyobain masakan mba, amiin πŸ˜‡

    Bakso abang2 maupun bakso freezeran yaa gtu deh.. Banyak yg alot, enakan daging burger atw bola2 daging tanpa tepung πŸ˜…

    Liked by 1 person

    1. Ini g alot wik krn pake oat dan baking soda jadi aman di perut πŸ˜‰ klo abang2 tuh banyak yg pake borak makanya alot trus banyakan kanjinya drpd dagingnya.klo aku dagingnya 500g oatnya 200g bakso sehat neh wik πŸ˜‰ itu dumpling wik aku bikin sendiri wenak 😍

      Liked by 1 person

    1. Bakso udah biasa ya as πŸ˜… yg unik bahannya pake oat…bagi org indo mgkin hal aneh tp kalo org midle east bikin meatball udah biasa pake oat πŸ˜… dulu wkt aku kerja di diet catering bosku org siria klo menu meatball dia pake oat dari situ aku jg ikutan bikin bakso indo pke oat ternyata sukses 😍

      Like

      1. iyesss, sepertinya bgitu mba Imaa, karna aku sendiri baru kali ini tahu kalo bakso dicampur oat ternyata rasanya enak (berdasarkan pngalaman mba ima) gak bikin org keracunan… soalnya, kalo aku bereksperimen masakan, psti org rumah semaputt hahah

        Liked by 1 person

      2. Bakso pinggir jalan biasanya pake borak as makanya alot kenyal tp klo perutnya sensitif bisa keracunan borak nya. Aku pke oat dan baking soda sudah pasti ama πŸ˜‰ yg bikin kenyal tuh ya baking soda es batu n air esnya πŸ˜‰

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s