Tomat hasil panen dari green house-ku

Semuanya hasil kebunku 😍

Tomat di green house ku ini bisa dipetik setiap hari , 4 pohon tomat kecil dan 5 pohon tomat gede . Sudah dibagi-bagi sama tetangga dan masih saja banyak sementara aku bosan ngemil buah tomat dan sering juga aku gunakan untuk memasak sup dan membuat jus . 

Tomat gak bisa tahan lama lebih dari 1 minggu jadi aku berfikir alternatif apa yg sekiranya bisa mrnyimpan tomat-tomat ini lebih tahan lama , terpikirlah untuk membuat beberapa resep yg bisa di simpan di botol dan di kulkas πŸ˜‰ 

1.Sambal terasi

2.Saos pasta

3.Bruschetta

4.Salsa

Pertama-tama tomat ini aku kupas kulitnya , caranya iris silang bagian atas dan masukkan ke dalam air panas *tapi tidak mendidih , diamkan beberapa menit saja maka kulit tomat akan sangat mudah di kupas . Kemudian ambil dagingnya dan buang bijinya biar tidak terlalu berair

Tutup panciku patah lol 😅

Tomat sudah bisa di kupas
Setelah dikupas
Setelah di buang bijinya

Air dari bijinya ini aku minum enak dan segar 😅

Tomat pun siap untuk di olah

1.Sambal terasi

Sambal terasi

2.Saos pasta

Saos pasta

untuk membuat saos pasta bahan-bahan yg dibutuhkan selain tomat adalah ,

Bawang bombay, bawang putih, daun salam, cabe hijau (pengganti paprika) , kemangi , perasan lemon, oregano, parsley, chilli flake, lada hitam, cuka dan garam, minyak untuk menumis
Dan tomat kaleng *bisa ganti dg tomato pure

caranya :

Tumis bawang bombay kemudian masukkan bawang putih dan cabe hijau, tumis hingga layu
Masukkan tomat dan daun salam, masak 10-15menit hingga tomat layu dan air menyusut
Baru tambahkan bahan-bahan lainnya
Aduk rata dan tambahkan tomat kaleng *boleh ganti tomato pure
Masak di atas api kecil 20-30menit atau sampai saod kental sesuai selera
Dan ini saos pastaku πŸ˜‰

bisa taruh di botol deh simpan di kulkas bisa tahan 1-2 bulan 😍

3.Bruschetta

ini sih favorite suamiku banget ! Buat toppingnya toast / baguette / roti perancis . 

Tomat, cuka, minyak zaitun, garam, perasan lemon, bawang putih cincang, dan daun kemangi cincang
Campur semua bahan dan Aduk rata…jadi deh πŸ˜‰

Bruschetta ini bisa simpan di kulkas selama 3-4 hari .

Bruschetta dan Salsa

4.Salsa tomat

Salsa ini mirip dg Bruschetta bedanya potongan tomatnya untuk salsa ini lebih kecil dan juga dalam Salsa ini ada cincangan bawang bombay/merah kemudian juga pake cilantro/daun ketumbar. Dan Salsa juga pakai cabe jalapeno πŸ˜‰ biar ada pedes-pedesnya dikit.

Salsa tomat

kalau Bruschetta untuk topping toast/baguette , Salsa ini untuk dipping atau cocolan cemilan *bisa dorito, lumpia dan lain-lain πŸ˜‰

Bruschetta dan Salsa

Sekian deh cerita panen tomatku πŸ˜‰

Have a nice day everyone 😍

Advertisements

33 thoughts on “Tomat hasil panen dari green house-ku

      1. Eh di indonesia gak butuh Greenhouse bu πŸ˜… krn cuaca udah pas. Kalo di Inggris cuaca dingin di tempatku walau summer tetap sering di bawah 18derajat cuacanya. Jadi dlm greenhouse biar lebih anget di atas 18derajat gtu. Aku tanam tomat ini 100% pake tai kuda. Makanya subur πŸ˜… tomat agak2 susah disini tahun lalu gagal total kena virus. Trus nyiram airnya jg kudu pas kalo kurang tomat mengerit jelek bercak hitam kalo kebanyakan air bosok. Tomat tanaman yg manja banget πŸ˜…

        Liked by 1 person

      1. hampir mirip juz ya mba? Duuuh kpn bisa ke Inggris? Kapan ketemu mba Ima?

        Apakah hnya akan mnjadi sbuah khayalan belaka? Cinta pgn s2 di Inggris mba, nanti kl jd, kan bs main2 trs ke t4 mba Ima, hihi *ngayal tingkat dewa ^__^

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s