Lebih dari 20 kali Lebaran jauh dari kelurga !

Menu lebaranku, sate kambing,opor ayam,sayur urap pake lontong 😋

Lebaran jauh dari ibu dan bapak bukan hal yg baru bagiku. Sejak umur 10 tahun aku sudah terbiasa lebaran jauh dari ortu.

Ceritanya waktu aku umur 7 tahun kami sekeluarga (aku,ayah,ibu dan 3 saudaraku) bersilaturrohmi ke rumah salah satu sepupu ayah di pulau Madura. Sepupu ayahku itu memiliki yayasan anak yatim piatu lengkap dg sekolah SD dan SMP , di sana banyak sekali anak-anak sebayaku. Aku jadi betah senang sekali tinggal di sana, kemudian aku tanya ayah apakah aku boleh tinggal di sana.

” Yah, aku senang di sini di yayasan ini…boleh nggak aku tinggal di sini dan ikut sekolah di sini ? ”

” duh kamu masih terlalu kecil ndok, ntar kalo udah gede ”

” ntar sampsi aku kelas berapa yah baru boleh pindah ke sini kira-kira ? ”

” hmmm…kelas 5 ya…”

” wah masih lama banget yah ” jawabku murung.

Sejak hari itu aku menunggu kapan aku naik kelas 5 😅 .

Tahun 1992 aku pun diperbolehkan ikut Omku di Madura tinggal di yayasan bersama anak-anak yatim. Aku punya banyak teman dan sangat menyenangkan 😍 satu orang teman yg paaling dekat denganku namanya Waqi’ah aku memanggilnya Pengki 😅 dia gak protes. Kami sekolah bareng duduk sebangku dan tidurpun bersampingan ranjangku dan ranjang Pengki. 

Oke oke back to Lebaran,

Sejak aku umur 10 tahun kelas 5 SD tiap lebaran aku di Madura dan orang tuaku datang menjengukku seminggu setelah lebaran berlalu. 

Sedihkah aku waktu itu ? Oh tidak…aku sangat bahagia sekali krn walau aku tidak berlebaran dg orang tuaku tapi aku masih punya ayah dan ibu. Sementara anak-anak yatim di yayasan…mereka ada yg benar-benar yatim piatu tapi ada juga yg di tinggal pergi ortunya. Bermain dg mereka membuat mereka tertawa…berbagi makanan dg mereka adalah hal yg sangat membahagiakan 😍

Tiap kali ayah dan ibuku datang menjengukku…beliau selalu bawa banyak makanan dan jajanan untuk di bagi-bagi dg anak-anak yatim 😍

Yang paaaling jadi favorit anak-anak di yayasan adalah * rempeyek dan rengginang * buatan ibuku 😋 ibuku membuat peyek dan rengginang berkardus-kardus 😅 sampai 4 kardus peyek san rengginang dan 4 kardus lainnya jajanan lainnya. 

3 bulan sekali orang tuaku menjengukku, dan karena hal ini lah…bagiku jauh dari orang tua tidak pernah jadi masalah…dulu sesering mungkin aku mengirim surat untuk orang tuaku. Karena saat itu belum ada ha pe hahaha 😅 telpon di wartel mahal 😅 kalo benar-benar penting kirim telegram di kantor pos. 

Saat aku umur 16 tahun kelas 2 SMU ayahku sakit dan aku pulang ke jawa putus sekolah krn gak ada biaya berhubung ayah satu-satunya sumber pendapatan keluarga sedang sakit parah ya gtu deh #ehcurhat 😅 

Sejak saat itu aku mulai nyari kerja serabutan demi membantu beban ortu. 2 tahun jadi kuli serabutan aku dengar ada lowongan kerja ke singapura.

umur 19th aku merantau ke singapura, 5 tahun tidak lebaran dg keluarga. Kemudian lanjut merantau ke Taiwan selama 6 tahun tidak lebaran bersama keluarga. Kok merantau terus ? Duitnya kemana ? * duitnya buat biaya adik-adikku sekolah dan kuliah dan juga pensiunin orang tua * 

Tahun 2013 mudik dan baru lebaran di tahun 2013 ini lah aku sempat lebaran bersama keluarga.

Berikut foto-fotoku bersama keluarga pas lebaran 2013.

Dari kiri, ibu,ponakanku,aku dan adikku.yg depan ponakanku juga
Dari kiri,mas iparku,mbakku dan aku
Aku omku dan ponakanku
Aku dan ibuku
Aku dan ibuku

Kemudian tahun 2014 aku di Bali mudik sehari setelah lebaran. Jadi lagi-lagi tidak lebaran bersama keluarga.

Tahun 2015 aku hijrah ke UK sampai saat ini. Tapi dg kecanggihan teknology sekarang jauh di mata tak jadi masalah. Kayak waktu tahun 1992 gak ada ha pe apalagi internet.

Tadi siang aku skype ibuku lagi nyate bahagia alhamdulillah…

Selamat Hari Raya Idul Adha 😇 2016

Advertisements

20 thoughts on “Lebih dari 20 kali Lebaran jauh dari kelurga !

  1. Sedih dan mau menangis rasanya klu liat orang putus sekolah krn gak ada biaya, mo bantuin aduhh….gak sanggup setiap hari pulang sekolah aku dan kakak2ku selalu kesawah,ke kebun biar ada duit utk sekolahπŸ˜„ sama mamaku gak boleh ongkang2 kaki dirumah πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    Liked by 1 person

    1. Sekarang masih mending ada misi bidik beasiswa dll dulu neh wkt aku sekolah klo telat byr spp guruku bilang…kalo gak sanggup bayar jangan sekolah ! Biar saya tidak repot ! *pengen jitak tuh guru deh πŸ˜…

      Like

      1. Kudu belajar da…ingat tidak ada yg abadi. Kita tidak boleh bergantung dg angan yg selalu ingin bersama…karna semua mahluk yg bernafas pada akhirnya akan kembali pada sang PENCIPTA πŸ˜‰ ada pertemuan ada perpisahan…belajar iklas dan life must goes on πŸ˜‰ aku 10th yg lalu sama da kyk kmu wkt kehilangan almarhum ayahku.

        Liked by 1 person

      2. Ea da masama πŸ˜‰ aku bukan sok tau tapi aku tau bngt gimana rasanya…tapi percayalah…di saat kamu bisa bnr2 iklas…tak kan lagi ada kesedihan … semua kenangan indah tetap milikmu πŸ˜‰

        Liked by 1 person

    1. Ea mmg bnyak org yg tdk bisa pisah sama ortu/keluarga tapi apalah artinya jauh di mata ? Yg penting dekat di hati πŸ˜‰ senantiasa melantunkan doa untuk ortu nan jauh di sana…kita tidak boleh terus2an ingin bersama krn * ada pertemuan pasti ada perpisahan * yg penting hati selalu bersama walo jasad berjauhan πŸ˜‰

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s