Pengalaman berharga (jadi cheff di india)

Sungguh suatu kehormatan bagiku telah di percaya menjadi cheff di ( LITTLE WORLD RESTAURANT, Palolem,Goa-india ). Pemilik restoran ini warga belanda yg bersuamikan orang india dan mrk kenan dg suamiku sejak tahun 2010. Setiap tahun sekali suamiku liburan di india pasti langganan makan di restoran Little world ini karena selain settingnya bagus *beda dg resto lokal india yg kebanyakan kumuh/tidak mengundang, Restoran little world menunya pun berbeda dan fresh ! Dan hanya serve breakfast dan brunch tp tdk serve dinner, hanya 2x seminggu (minggu malam, dan rabu malam) ada dinner dg set menu yg berbeda-beda. 

Kadang bertema Indian night (dg menu india) , italian night (dg menu italy) dan holland night (dg menu belanda). Tiba-tiba pas hari senin mereka bertanya padaku apakah aku mau membantu mereka dg tema INDONESIAN NIGHT 😍 tentunya menu khas indonesia dan vegetarian !

Dan beginilah ilustrasi gambar menuku,

Atau tambah perkedel ketang sprt gambar di bawah ini 👇

Namun setelah dirundingkan kita setuju bahwa gak pake stater tetapi pake perkedel jagung di maincourse dan tanpa perkedel kentang. Untuk lodehnya menurut Bregh (pemilik restonya) tamu restoran sangat suka dg terong sehingga kita sepakat pake terong aja lodehnya.

Dg antusias bregh mempelajari mencatat bagaimana aku memasak menu indonesia ini dan syukur alhamdulillah dg bantuan kru dapur dinner sangat mulus sesuai ketentuan jam 7 serve makanan.

Dan beginilah penampakan masakanku.

Beraksi di dapur dg bantuan Rahul yg ganteng 😅
Cheff nya pun enjoy masakannya sendiri 😅

Beberapa kendala saat aku beraksi di dapur,

1.tidak ada tusuk sate krn di india gak ada sate 😅 jadi tahunya di goreng biasa.

2.3 orang asisten dapur tidak bisa bahasa inggris 😅 jadi kalo aku butuh bantuan mereka aku kasih contoh misal: memotong bawang merah dan putih (untuk bawang goreng) aku kasih contoh dan aku bilang *tolong potong kyk gini ya* mereka geleng kepala kekiri dan kekanan. Aku bingung maksudnya apa 😅 #orgindia mau jawabnya iya ato nggak ngerti ato nggak sama jawabannya geleng kepala ke kiri n ke kanan 😅

Yg bernama Rahul bisa bhs inggris sungguh sangat membantu 😇 satu lagi Babhu pintar bhs inggris tapi dia waiter.

3.menggoreng peyek , ini sedikit susah krn wajannya tidak sesuai 😅 tp ya tetap enak dan renyah walo agak gelap warnanya setelah Bregh yg goreng *sementara aku masak yg lain

4. Masak nasi, nah di sini gak ada rice cooker 😆 gak ada dandang pengukus 😅 jadi pake panci gede aja kayak ngeliwet dan aku kasih air lebih banyak *matengnya pas gak lembek gak keras pokoknya pas 😍

Cuma itu sih kendalanya, selebihnya in control 😇 pertama-tama aku masak blackrice pudding/ketan hitam untum dessert krn kan harus serve dingin jadi bisa bisa masuk kulkas and ready untuk dessertnya. Adanya presto sangat membantu sekali krn ketan hitam cpt matang jadi bubur 😍 kemudian aku bikin bubur sumsum dan saos kelapanya. Jadi puddingnya tuh ketan hitam, bubur sumsum dan di siram dg saos santan 😋

Begitu jg dg proses memasak lodeh terong akupun pakai presto cooker, bumbu lodeh asli bikin dari fresh tapi gak ada kemiri tetap enak 😅 

Untuk perkedel jagung aku bikin adonannya dan ku serahkan urusan goreng menggoreng pada Rahul *asisten dapur yg ini udah ganteng cpt belajar dan cepat kerjanya. Jadi tahu, bakwan jagung dan dadar telur di handle Rahul. 

Untuk acar sebenarnya bukan resep indonesia tetapi Resep acar vietnam

Jam 7 tiba tamu sudah datang…dan tanpa menunggu lama aku bikin 1 plating contoh selanjutnya kru dapur yg lanjut dan cheff ima bebas duduk manis dan menikmati makan malam juga 😅.

Setiap kali tamu selesai makan mereka menghampiri mejaku dan berterima kasih katanya masakanku ueeeeenak banget 😍 *sampe malu beta di puji-puji 😅 aku pun berterima kasih krn mrk menyukai masakanku 😇 

Jam 9 aku pamit sama Bregh krn besok pagi nya harus berangkat ke Hampi-india. Dan saat ku cek dapur porsi nasi hanya tinggal 5 porsi kira-kira (jadi good job dong masakanku laris 😇) sangat bangga bisa memperkenalkan masakan khas Indonesia pada dunia 😅 *ciyeeeh 😆 

Good nite beautifull people ๐Ÿ˜‰ 

6 thoughts on “Pengalaman berharga (jadi cheff di india)

  1. Bagussss postingannya. Kapan-kapan boleh share tips masak makanan India? Hehehe. Aku doyan makanan India tapiiiiii yang dari Malaysia. Kalau yang di sini kurang greget dan lebih banyak rasa manisnya, dan isinya kebanyakan curry or briyani yang rasanya ujung2nya mirip2 semua

    Liked by 1 person

    1. Siap nanti setelah balik ke UK aku akan kembali ke kehidupanku yg sebenarnya ๐Ÿ˜… masak memasak dan berkebun ๐Ÿ˜† untuk saat ini dan masih 1bln ke depan masih liburan ๐Ÿ˜‡

      Like

Leave a Reply

