Yoga dan Asana

YOGA BUKAN SEKEDAR OLAH RAGA , TAPI JUGA OLAH JIWA.

Asana artinya pose, pose adalah gerakan postur pada yoga. Tetapi Yoga bukan sekedar melakukan pose gerakannya saja, namun lebih kepada gaya hidup.

Gaya hidup Yoga itu gaya hidup yg seimbang. Mulai dari keseimbangan kegiatan sehari-hari sampai keseimbangan berfikir dan melihat sesuatu apapun dari sisi yg seimbang , orang yg beryoga hidupnya tidak workholic (kerja dan kerja dan lembur dan mikir duit duit numpuk duit duit padahal hidup gak melulu untuk kerja dan numpuk duit yg gak pernah tertumpuk 😅 ), tidak shoppeeholic (belanja itu harus tapi bentar2 beli sepatu (kaki cuma dua, Sepatu ampe 200 biji 😅 ) bentar2 beli lipstick (bibir cuma satu lipstick 4 warna udah cukup kali 😗 ) dan seterusnya, intinya seimbang dalam segala hal. Orang yg beryoga menjaga pola makan seimbang ( kalau jamanku sekolah dulu diajari pola makan 4 sehat 5 sempurna ) begitu juga pola makan yoga. Makanya orang yang benar-benar beryoga hidupnya tentram jiwa dan raga 😍 

Tapi kenapa ada orang yg beryoga bertahun-tahun lamanya masih juga hidupnya tidak tentram ? Sering moody, stress, obes, insom, pemarah, Sensi, Pelupa / tidak fokus, pokoknya emotional dan bawaannya negatif (istilahnya SENGGOL BACOK 😅)  KENAPA ? Karena oh karena *ini sih kata swami sivananda jee ya, guru yoga waktu di india aku ikutan yoga class* karena orang seperti ini hanya melakukan asana pada yoga ! Belum menerapkan Yoga dalam kehidupan sehari-hari. Jadilah beryoga hanya untuk olah raga saja. Padahal Yoga bukan sekedar olah raga namun juga olah jiwa. 

Dan olah jiwa itu lebih sulit dari pada sekedar olah raga. Olah jiwa harus mengambil alih jadi master of yourself ! Jangan biarkan pikiran negatif Yg mengkontrol seluruh jiwamu ! Berdamai dg diri dan bertoleransi sehingga kau bisa menjadi pemegang kendali akan dirimu sendiri. Yang mana bila kau bisa melakukan olah Jiwa ini maka kau akan damai dan sehat. Sivananda jee berkata rata-rata orang yg sakit-sakitan adalah berawal dari pikiran mereka yg negatif hingga akhirnya organ tubuh merespon dan jadilah sakit yg sakit ringan seperti sakit perut / kepala dll hingga sakit yg berat-berat. Jangan salah… semua penyakit yg berat itu berawal dari sakit yg ringan kan.

Aku yang dulu orangnya moody, sensi, negatif, pemarah dan sering stress serta insom. Aku yang sekarang orangnya wise , lebih bijak, positif, penyabar (mau orang nyinyirin hidupku kyk gimanapun aku gak ambil pusing pokoknya sabar 😇 ), stress free, no more insom 😍 hidup terasa lebih nyaman , tentram dan damai 😇

Pose-pose yg aku pelajari dari yoga challenge di instagram

Plus yogi / yogini yang bisa melakukan pose yg wow keren pake banget belum tentu dia seorang yogies. 

Suamiku seorang yogi yg hanya melakukan gerakan basic tapi dia menerapkan yoga dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga walaupun suamiku berumur 50 ke atas tetap sehat 😍 karena yogalifestyle itu membuat kita peduli dg kesehatan sehingga orang yg peduli dg kesehatan tuh ya jarang-jarang yg obeslah. Suamiku yg 50 tahun ke atas saja badannya sebagus ini 👇 masa yg muda-muda pada mblendung peyutnya 😉 ayo Jangan bosan sehat !

Aku baru 1 tahun beryoga tapi selain menjadikan yoga sebagai lifestyle aku juga suka mempelajari asana-asana yg keren 😅 dan itupun aku pelajari sendiri di rumah ! 

Suamiku mengajariku hingga headstand saja. Pose Lainnya aku pelajari sendiri! Belajar dari yoga challenge di Instagram dan melihat tutorial video di INstagramnya para yogi / yogini.

seperti foto-foto di atas ☝ semua asana aku pelajari dari yoga challenge di instagram 😍

Mau hidup tentram dan damai serta sehat ? Well Yogalifestyle is a good choices 👍i mean a lifestyle 😇 not necessary learn hard all the pose 😇 namaste 🙇

Advertisements

6 thoughts on “Yoga dan Asana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s