Menikah di UK

note : Untuk kesekian kalinya aku update postingan ini 😀  sebenarnya ini adalah postinganku yg pertama di blog ini 😀 berhubung ada yg nyari info yg mana kasus dia sama dg kasusku yaitu calon suami WNA eropa tapi bukan WN UK yg tinggal/bermukim di UK jadi ya udah aku repost aja dah hehe…semoga informasi ini membantu.

sekarang aku sertakan surat keterangan dari home office yg menyatakan bahwa kami boleh menikah di UK dg visa turis, berhubung ada pembaca yg juga mengikuti langkah ini untuk menikah dg pasangannya di UK ini namun setelah mendapat surat dari home office yg sama percis dg surat yg aku dapet waktu itu dia pun masih menunggu…*kurang memahami isi surat dari home office tsb , dia baru paham setelah aku bilangin dan aku kirimkan suratku dulu via WA ke dia. jadi di sini biar lebih jelas aku sertakan deh surat dari home office.

aku datang ke UK tanggal 24 mei 2015 dg visa turis dan memang sejak di indonesia kami berencana menikah secepatnya cuma ya begitu deh perkawinan campur *beda negara /agama sangat ribet untuk di laksanakan di Indonesia , ada temanku yg juga menikah dg WNA mereka menikah di Singapura, katanya menikah di singapura itu sangat mudah sekali yg butuh info untuk menikah di singapura silahkan baca link ini

 

prewed

untuk cara pengajuan visa turis UK baca di link ini

aku datang ke UK dg visa turis (visa turis UK bukan visa schengen ya) dan  aku dapat visa turis berlaku hingga 6 bulan.

Suamiku tinggal di UK selatan, sesampainya di UK suami bawa aku jalan-jalan, aku dibawa ke tempat-tempat pariwisata “Isle of Wight” , dan ngomong-ngomong suamiku tiba-tiba berkata;

“bagaimana kalau kita menikah di sini?”

” hah?! di UK honey?  emang bisa? emang boleh? kan visaku visa turis aturan mah kagak boleh nikah pake visa turis?! ”

lalu suamiku coba menghubungi lawyer dan ternyata lawyernya berkata;

“memang aturannya tidak boleh menikah pake visa turis, tapi beberapa wkt yg lalu ada beberapa kasus yg saya ketahui mereka dapat ijin menikah di UK dengan visa turis, Tergantung keputusan Home Officce menyetujui atau tidak, jadi bila anda hendak mencoba silahkan mendaftarkan diri ke kantor “Register office of marriage” yg terdekat di kota anda. Dokumen-dokumen anda akan di forward ke Home Office dan apa bila Home officce menyetujui permohonan anda untuk menikah di UK maka anda boleh melangsungkan pernikahan dg partner anda di UK walaupun partner anda bervisa turis.”

Kami datang ke Register office of marriage untuk mendaftarkan diri bahwa kami akan menikah di Uk. Di Register office kami menyerahkan paspor kami dan kami di interview secara berpisah! deg deg an juga deh, pertama suami yg di panggil untuk di interview, kemudian giliranku, aku pikir interviewnya gimanaa gtu ternyata cuma di tanya-tanya bagaimana kami kenal, kenal di mana, sudah berapa lama kenalnya, tanggal lahir pasangan, nama lengkap pasangan, kebangsaan aku sendiri dan kebangsaan pasangan, lalu di mana aku tinggal selama di UK, pekerjaan pasangan, alamat lengkap dan nomer telpon pasangan di UK, untung aku bisa menjawab semuanya dg baik dan benar ! tidak ada kendala sama sekali dalam interview tersebut mungkin karena aku jg bisa berbahasa inggris dg lancar, Alhamdulillah! pihak Register office bilang biasanya kami akan mendapat surat balasan dari Home office dlm waktu 2 sampai 3 minggu dihitung dari hari kami di interview di Register office. Ternyata dalam waktu 10 hari kemudian sejak pendaftaran, kami menerima surat dari Home Office bahwa permohonan kami untuk menikah di UK di KABUKAN / alias di setujui ! dan kita menikah di kantor “Council Office” setempat! tepatnya tgl 6 oktober, 2015 *Yesssss*

ini surat dari Home office yg menyatakan tidak akan menginvestigasi lebih lanjut dan kita boleh menikah di UK walau dg visa turis,

2016-07-28-13.30.23.png.png

yang aku kasih tanda pink under section 48 bla bla bla…itu artinya tidak akan di investigasi lebih lanjut berarti kami boleh menikah tanpa mrk (baca ; home office ) investigasi kita lebih lanjut.

yang aku kasih tanda kuning itu artinya kami diperbolehkan melaksanakan pernikahan setelah 28hari di hitung sejak hari kami mendapat surat itu.

oh iya syaratnya untuk menikah di UK cuma Paspor ! (dari aku-nya), kalau dari pihak suami selain paspor…ya surat cerai “secara dia kan duda”,kayaknya cuma itu . Nah pernikahan ini kan dadakan yg tadinya niat nikah di singapura jadi ya aku gak bawa deh dress cheongsam merah yg sudah aku siapkan ^__^

Suamiku bawa aku ke Bridalshop, untuk beli baju penganten…ternyata baju penganten yg simpel banyak yg murah seharga di bawah £50 = Rp 1juta. Aku keliling di Bridalshop itu nyari baju pengantinnya yg tidak berwarna putih  ternyata semua dress di Bridalshop ini berwarna putih…dan seperti halnya kebanyakan baju pengantin pada umumnya tidak berkerah. So, gak jadi beli baju pengantin disitu deh trus aku ngajak suami ke toko baju biasa…Toko “Peacocks” dan aku nyari-nyari dress yg berkerah dan panjang sedikit di bawah lutut serta tanpa lengan…muter-muter cukup lama dan, satu dress warna hitam keemasan menggoda mataku, aku menghampiri dress itu aku angkat…oh no ukurannya gede banget….eits…ada satu lagi rupanya dan yes ini ukuranku ! *cuma tinggal 2 di tokonya, dressnya simpel dan berkerah! harganya £58 = Rp 1.160.000 ! cukup murah neh dan sesuai dg yg aku inginkan…kenapa aku milih baju yg tidak berwarna putih? karena biar bisa dipakai di acara-acara biasa,seperti dinner, atau pesta ultah gitu deh… biar gak mubazir.

beautyplus_20150914165022_fast.jpg
baju pengantinku
12094820_982657885091082_5578729234108405736_o
bagus juga lah sekedar di pake nikahan di kantor mah…

dan aku juga dandan sendiri 😀

12138362_982658241757713_596164132228160215_o
poles-poles ^__^

close-up biar lebih jelas 😀

beautyplus_20151006154337_save.jpg
hasil dandan sendiri cakep *mang aslinya udah cakep sih 😀
P1010979
cengar-cengir nunggu di panggil mau di kawinin neh 😀
P1010985
berdiri mendengarkan ceramah solicitor yg akan menikahkan kami
P1010987
mengucapkan janji sumpah setia (pengantin laki-laki)

pada detik-detik mengucapkan janji sumpah setia ini…aku dan suami ternyata sama-sama hampir meneteskan air-mata *berasa lebih syakral dari pas waktu kawin sirri dulu !

P1010988
mengucapkan janji sumpah setia (pengantin perempuan)
P1010990
tukar cincin
P1010991
tukar cincin
2016-04-04-14.20.37.png.png
cincin kawin sederhana

Cincinku tadinya suami menyiapkan budget 10juta Rupiah aku di bawa ke toko mas, aduh aku ini suka ngilangin perhiasan…makanya gak suka pakai perhiasan emas ! dulu waktu masih kecil kalau di pakein anting emas pasti hilang sebelah, setahun bisa 4x hilang, setelah gede nyari duit sendiri gak pernah pakai anting emas krn sayang kalau ilang. Trus pulang dari Taiwan di beliin anting emas sama kakakku eh beneran 2bln kemudian hilang sebelah, trus doi datang ke bali dia beliin aku anting emas juga lagi-lagi hilang sebelah dan setelah di UK sebelum menikah dibeliin anting emas eaaahhh ilang sebelah lagi 😀 *kuping ajaib* pas tau dia nyediain budget segitu ya aku kagak mau lah ntar kalau hilang ya sedih dong aku…so aku pergi ke toko perhiasan sebelah…eh ada tuh yg modelnya sama dg yg aku inginkan ( 3 permata) simbol dari “you are my life, my past, and my future” dan dia penggemar batu permata jadi dia pake cincin batu kelahiran dia “moonstone” sementara aku jg pakai batu kelahiran aku “berlian” berlian biasa * cincinku harganya jauh di bawah budget yg di siapkan suami loh…cuma £48 = Rp 960 ribu aja jadi kalo ntar hilang aku gak sedih-sedih banget lah…*__* uangnya buat liburan aja 😀

P1010992
kedua mempelai diperbolehkan berciuman (eh ini spontan aku gak tau kalo suamiku bakal cium aku) ahahahaha
P1010995
mentandatangani surat nikah di catatan sipil setempat di kota newport, Isle of wight, UK.

ini fotocopy surat nikah kami langsung mendapatkannya keesokan harinya setelah menikah di kirim  via post dan copy akte nikah ini yg kami gunakan untuk pengajuan aplikasi Resident card UK selengkapnya baca di link ini

 

2016-07-28-13.24.13.png.png

kemudian akte aslinya menyusul, 2 minggu kemudian gitu.

 

yah begitulah acara pernikahanku dg suami cukup di kantor Civil Registrer ceremony dengan 2 saksi, baju yg sangat sederhana, make up dan sanggul sendiri, namun lihatlah senyum kami berdua *blushing* kebahagian terpancar dari wajah kami berdua senyum yg sangat sangat sangat … *gak tau deh g bisa ngungkapin gimanaaa gitu rasanya. “eh yg jadi saksi,dibelakangku itu anaknya suamiku 😀 anak tiriku yak 😀 trus yg dibelakang suamiku itu teman baiknya suamiku”

Di Gubuk kami yg sangat sederhana, aku sudah siapkan wedding cake buatanku sendiri *__*

IMG_3464

Akhirnya aku syah jadi MRS.Van Dam ^__^ kami bahagia …oh ea pas nikah kan di tanya di surat nikahnya aku mau nambahin van dam gak? *van dam nama surename keluarga suamiku* aku bilang gak usah karena aku gak mau ribet ganti nama KTP, Paspor, Rekening bank, dan sim juga , duh ribet amet…yg penting kan ada surat nikahnya beres lah. ^__^ hidup jangan di buat ribet ah…

IMG_3466
hari pertama dg gelar MRS.Vandam hehe

semoga bermanfaat !

 

43 thoughts on “Menikah di UK

  1. Halo Ima, salam kenal yah😃 Sy main kesini setelah baca komen Ima di blog nya mbak Ailsa – Binibule.
    Wah, blog nya masih baru nih & isinya menarik nih.. Enjoy banget sy bacanya.. Keep on writing!

    Liked by 1 person

    1. salam kenal juga mbak…ea dari dulu pengen bloging tp masih ragu dan malu*gtau malu sama siapa 😀 tp nekat aja bikin blog ternyata asyik bisa nulis apa aja dan bisa sharing jg…

      Like

  2. wahhh mbak saya baru tau loh mbak nikahnya tgl 6 Oktober…itu hari ulang tahun saya loh mbak hahahahaha tapi bajunya baguuuussssss banget mbak, cantik deh mbak makeknya..
    Aku juga sih mimpinya pengen nikah pakai gaun yang simple dan gak neko-neko.. hahahahaha semoga saya bisa cepet nyusul nikah ya mbak, walaupun saya belum ada calon yang mau diajakin nikah hahahahaha

    Liked by 1 person

    1. Aamiin 😙 itu cuma dipake untuk nikah di kantor tp untuk foto-foto an ada rok pengantinnya bagus aq bikin sendiri hehe blm di share krn blm selesai sesi foto2annya blm lengkap…nunggu resident card selesai ntar lanjut ke belanda foto2 bareng mertua disana…jd aq tuh mendesign rok pengantin sendiri cita2 mang pengen pke baju penganten 2 in 1

      Liked by 1 person

      1. Ea dong bagus bngt *biar penasaran 😅 aq malah bikin 2 loh rok pengantinnya…satu warna ivory yg satunya warna hitam kombinasi warna cream pokoknya di tunggu aja deh…😅

        Liked by 1 person

    1. Yah begitulah…padahal niat untuk menikah itu kebaikan namun oknum2 tak bertanggung jawab mempersulit hanya untuk dpt uang lebih…makanya banyak skrg penganten yg beda agama/negara larinya nikah ke singapura ke hongkong ke australia…kebetulan aq bisa nikah di UK jd aq share siapa tau ada yg mau nikah di UK simpel bngt asal di atas usia 21th g butuh dokumen apa2 selain paspor

      Liked by 1 person

      1. Salam kenal mba imavandam .. sy griselda … sy seneng banget mba berbagi pengalamannya . sy Dlm wkt dekat ini akan membuat surat nikah jg di uk seperti mba. sy skrg masih pake visa touris . Yg saya ingin tanya kan yaitu selanjutnya setelah kita dpt surat nikah apakah kita bisa ajukan visa nikah utk bisa menetap di uk . Caranya gimana ? Apakah secara otomatis kita dpt visa utk menetap . Atau kita plg dulu ke indo utk bikin visa spose agar dpt tinggal di uk …. mohon di jwb secepatnya ya…. terima kasih … 

        Liked by 1 person

  3. Salam kenal mba imavandam .. sy griselda … sy seneng banget mba berbagi pengalamannya . sy Dlm wkt dekat ini akan membuat surat nikah jg di uk seperti mba. sy skrg masih pake visa touris . Yg saya ingin tanya kan yaitu selanjutnya setelah kita dpt surat nikah apakah kita bisa ajukan visa nikah utk bisa menetap di uk . Caranya gimana ? Apakah secara otomatis kita dpt visa utk menetap . Atau kita plg dulu ke indo utk bikin visa spose agar dpt tinggal di uk …. mohon di jwb secepatnya ya…. terima kasih … 

    Liked by 1 person

    1. Untuk visa kunjung bisa baca di link ini
      https://istribulebagus.wordpress.com/2016/04/20/apply-visa-uk/
      Sebenarnya aku mau nulis tentang resident card cuma blm sempat 😅 jadi begini…setelah menikah kamu g perlu pulang indo tp langsung apply resident card dari UK dari kamu nya cuma butuh paspor dan surat nikah saja dari suami banyak dokumen yg harus dikumpulkan sebaiknya pake lawyer krn dg lawyer 99% sucses klo apply sendiri kadang2 gak tau dokumen apa aja yg di perlukan bila dokumen g lengkap biaya yg dibayarkan hangus resident card g dapet. Ini linknya Uklawyer yg di pake suamiku
      http://www.ukmigrationlawyers.com/?infinity=ict2~net~gaw~ar~88996186741~kw~immigration%20lawyers%20uk~mt~b~cmp~Live%20-%20Unflex%20-%20UK-%20%20Immigration%20Lawyers%20uk%20BROAD~ag~Immigration%20Lawyers%20UK%20-%20General&gclid=CjwKEAjwtLO7BRDax4-I4_6G71USJAA6FjN1KcHKX4rkdqNf1yWnuNr4tir1f9WIQ6SKgxrukj2u8hoCpjPw_wcB
      Silahkan hubungi nomer telpon di link tsb untuk lebih detailnya

      Like

      1. Waktu itu kita coba contact beberapa lawyer ada yg £ 1500 ada yg £ 1400 nah lawyer dari link yg aku tulis di koment sebelumnya itu lebih murah cuma £ 900

        Like

  4. Hi Ima assalamualaikum, saya lupa dari mana blogwalking nemu blog kamu ini. Baca2 cerbungnya (saya bolak-balik serinya ga kebaca berurut) seru, hidupmu berwarna sekali. Dan soal baju pernikahan ide kamu bagus, ga musti putih gaun pesta tapi asal bisa kepake terus dan ga mubazir 🙂

    Liked by 1 person

    1. Yup bnr lagian skrg baju pengantin jg g melulu wrn putih ada yg motif bunga2 ada yg motif loreng loreng jg warnanya macem2 jg 😅 makasih ya udah mampir di blog ku 😉

      Like

  5. Ima vandam ….
    terima kasih ya informasinya ….
    Besok sy coba telephone lawyer nya.
    Ngomong2 ima di UK tinggalnya di daerah mana ? Saya di colchester .

    Liked by 1 person

      1. Ima kalau nga keberatan nih…. boleh nga minta no tlp WA ….
        Biar bisa lebih dekat persahabatan kita . Kata suami ku isle deket dgn swanage. Kita sering kesana nginap. Km pinter masak pantes di sayang suami …. 😁😁😂😃😃😂

        Liked by 1 person

      2. +6281999477949 ini nomer wa ku *ima van dam, jiahaha suamiku jg jago masak loh n papa mertuaku malah cheff wkt mudanya sblm pensiun beliau punya beberapa restoran di Belanda 😅

        Like

  6. Mbaa Imaa, aku suka sama proses mau nikahnya ituu, nggak ribet yaaa.. secara aku kan paling malas ribet sama segala hal wkwkwk.. oiya, tmenku jga ada mba, ktanya sih nikahnya di UK ‘nikah sipil’ namanya, biar dapet visa tinggal.. itu gimana maksudnya yaak, tpi mreka blom nikah resmi di Indo.

    Liked by 1 person

    1. Nikah sipil ya yg aku lakukan ini namanya nikah sipil pasangan beda negara/agama dulu di indo kan jg ada tuh cuma skrg di indo udah g boleh nikah beda agama kudu 1 agama.nikah sipil disini itu syah di negara indonesia jg loh dg catatan surat nikahnya di legalisir di KBRI london kemudian di daftarkan di catatan sipil di indonesia sesuai domisili ktp kita. Ini aku ntar desember baru mudik ke indo.

      Like

  7. Suka dgn penampilan dan kepedeanmu dressnya cantik, elegan, sanggulnya juga simpel gak ribet tapi enak dipandang mata. Btw aku kira tadi namanya Siti :-)) Inggris -Jerman/Frankfurt deket kabar kabarin ya klu ada rencana jalan2 kesini.

    Liked by 1 person

    1. Hi indah makasih ya 😅 nama depanku siti dan ima nama tengah dan panggilan jg ima biasa org indo namanya panjang 😅 oh di jermannya mana ? Temenku di Leipzig – jerman

      Like

  8. Mba Ima Thank You banget infonya aku ketolong banget ini aku kasusnya skrg di nothern Ireland Abs dr London visa turis UK kesini. Pacarku mau nikah disini krn diindo ribet. Hrsnya maret ini aku plg krn cm 6bln kan turis Vs maksimal. Tp pacarku ( org poland krja di UK) blg nikah disini aja mw cr lawyer mahal2. Eh nemu blog mbak ima sepertinya ga sulit nikah disini dan dpt ijin tinggal disini. Itu 100pound dan 900pound biaya lawyernya aja ya mba n aku kesulitan baca Web lawyernya euy. Utk biaya resident card dan nikah dicivil nya kumaha mba? Ak sm pasanganku beda agama jg mba. Maaf ya mba merepotkan nanya nya banyak. Aku suka bgt sm ide2 mba ima simple mulai dr baju dan cincinnya aku mw juga kayak gtu deh sisa uang utk Jalan2 skalian plg ke Indonesia pngen bgt plg kangen emak diindo. Aku di nothern Ireland Belfast kl mba ima mw kesini info2 ya tukeran no hp or fb Jd ak ada temen juga hiks disini ga Ad org indo yg ak kenal. Thank you Mba Ima :*

    Liked by 1 person

    1. Halo sari salam kenal ya 😉 yg 100pound itu biaya pendaftaran / memohon ijin menikah di uk. Biaya civil nikahnya 50pound. Yg 900pound biaya bayar lawyer bikin resident card 😉 pertama bayar 100pound (uang depe) setelah kita bayar depe maka kita bisa tanya apa aja kpd lawyer via telpon/email dan lawyer akan menuntun kita step by step sampai resident card beres 😉 klo sudah beres baru bayar yg 800pound. Semoga lancar urusannya dan salam dari india 😇 kita lg liburan neh ya uang tabungan buat jalan jalan nikah yg sederhana aja yg penting resmi dpt surat nikah ok 😉.

      Like

Leave a Reply

