Resep Bakso Sehat Kaya Serat !

similar post klick here

20160824_092013.jpg
penampilan Bakso buatanku udah kayak bakso abang-abang pinggir jalan kan 😅

Kenapa aku kasih judul Bakso sehat kaya serat? karena pada umumnya bahan bakso ini memakai tepung kanji yg sangat tidak baik untuk pencernaan , dan aku tidak memakai msg . oke deh lanjut baca…

Bahan-bahan bakso sehat kaya serat :

20160823_105728.jpg20160823_110803.jpg

500 gram daging sapi (lessfat)

1/2 sdt baking soda

air es secukupnya

garam secukupnya

es batu secukupnya (aku pake stock kuah kaldu sapi aku bikin sendiri dan aku freezer)

200 gram oat (merk apa aja) di blender biar jadi halus kayak tepung.

20160824_092544.jpg
aku pake oat ini

Bahan-bahan kuah :

tulang sapi seperti di foto di bawah ini,

20160823_101322.jpg
tulang sapi di blanch di air panas biar kuah bakso bersih
20160823_095525.jpg
ini setelah di blanch dan di cuci
20160823_100706.jpg
20 siung bawang putih dan merica secukupnya (aku pake merica bubuk)
20160823_100909.jpg
di uleg/di blender (bagi dua yg separuh untuk kuah yg separuh untuk bakso)

Cara bikin kuah :

masukkan bumbu yg di haluskan dan Tulang yg sudah di balnch kedalam panci , tambahkan air secukupnya dan masak kira-kira 2-3 jam bila pake panci biasa, aku pake pressto cooker cukup 1 jam saja.

20160823_101353.jpg
kuah bakso aku masak pake pressto cooker

dan ini wujud tulang setelah 1 jam di pressto,

20160823_115100.jpg
tulang setelah 1 jam di pressto

ambil bagian uratnya bisa buat isian bakso urat,

20160823_122514-1.jpg

Cara bikin bakso :

masukkan semua bahan (daging, oat yg sudah di blender,baking soda,bumbu yg di haluskan,dan es batu yg di hancurin,serta garam secukupnya),

aku gak punya food processor jadi pake mixer saja 😅 😉

mixer hingga tercampur rata dan tambahkan air es hingga adonan cukup kenyal,

20160823_122509.jpg
campur semua bahan
20160823_122944.jpg
ini hasilnya sebelum di kasih air es
20160823_124106.jpg
ini setelah di kasih air es

mari kita bentuk baksonya,

Caranya siapkan air yg mendidih dalam panci, kemudian kecilkan api (saat memasukkan adonan bakso air tidak boleh mendidih) supaya bakso mateng pelan-pelan mengapung dalam air yg panas tapi tidak mendidih dg begitu hasil baksonya akan sangat kenyal !

20160823_130121-1.jpg
bulet-buletin pake tangan
20160823_130145-1.jpg
gunakan sendok untuk memasukkan bakso ke dalam air panas
20160823_141546.jpg
biarkan sekitar 15 menit supaya matang

dan ini dia setelah mateng,

20160823_132405.jpg
textur baksonya berlubang-lubang pertanda baksonya kenyal top markotop !

dan ini bakso uratnya,

20160823_131658.jpg
gede banget ya…mantaaap ! 😍

cara penyajian :

ambil kaldu rebusan tulang secukupnya rebus hingga mendidih…tambahkan garam secukupnya, goreng bawang merah secukupnya, dan cincang daun seledri secukupnya, rebus mihun secukupnya (aku tambahkan dumpling buatanku sendiri)

20160824_092013.jpg
dan inilah penyajian bakso sehat kaya serat ala nyonya Vandam 😋

selamat mencoba ! 😉

Gudeg Jogja (pertama kalinya bikin gudeg)

Similar post here

Gudeg komplit ala imavandam

Minggu lalu tiba-tiba pengen makan gudeg 😅 satu-satunya cara ya kudu masak sendiri 😆 selama ini belum pernah masak gudeg jadilah aku nyari resep gudeg di pinterest bacanya sampe gimana gitu membayangkan masak gudeg yg original memakan waktu hingga 8 jam ? Omg 😅 

berhubung gak nemu nangka muda yg fresh kayak di pasar-pasar di indonesia, aku pun nyoba pake nangka kaleng yg kebetulan aku liat di toko asia…dan berikut bagaimana aku mengolahnya hingga menjadi gudeg 😆


Nah itu lah bahan-bahannya, ada nangka muda kalengan, bawang merah *aku pake bawang bombay, bawang putih, kemiri, daun salam dan daun jeruk aku pake yg kering, serreh aku pake yg powder 😅, ketumbar dan lengkuas jg pake yg powder *seadanya senemunya 😅 untuk perasa aku pake garam dan gula.

Nguleg eh ngeblender yak 😆

gak pake nguleg pake hand blender serrrrr gak 1 menit udah beres 😅

Oh ea daun salam dan daun jeruk gak aku uleg eh blender 😅 cukup di masak bareng…oh ea di resepnya yg aku ikutin masak gudeg tuh bumbunya gak usah ditumis tapi langsung di masak bareng nangkanya. Aku masak sekitar 30menit berhubung nangkanya udah empuk dari kalengnya…trus aku gak suka gudeg yg superrr manis…jadi disesuaikan dg lidahku saja, lha setelah di icip rasanya mantaaap 😋 tapi warnanya kok pucat trus…ssssstttttt…aku kasih kecap hitam 😅 barulah keliatan gelap ala-ala gudeg di warteg 😆

 Tadinya gak hancur kayak fotonya ini…cuma di pinterest liat gudeg wujudnya pasti hancur gitu…ya aku aduk-aduk sampe hancur 😅 trus pengen gudeg klomplit kayak di pinterest gituh ada sambal kereceknya ada ayamnya dan jg ada telur *sambal kereceknya aku pake kentang goreng,tahu goreng dan tempe rasanya mantap lah dan gak pedas juga, trus ayamnya klo di pinterest di masak opor nah punyaku tak grill aja 😅 telurnya direbus saja trus di goreng dan belah dua cukup deh buat aku separuh buat suamiku separuh 😆 dan tambah oseng-oseng sayur *hasil panen dari kebun sendiri 😍 dan beginilah gudeg komplit ala imavandam 😍


Seru banget masak masakan nusantara tuh ribet tapi rasanya juara 😋 #lidahudik bin #lidahkampungan ya begini dah 😅

Have a nice day everyone 😉

Cara membuat LONTONG Bule

resep Ayam isi di link ini :

https://istribulebagus.wordpress.com/2016/06/02/resep-ayam-isi/

aku kasih nama Lontong ini Lontong Bule 😀 karena bungkusnya pake foil dan bikinnya di negara Bule L 😀 L

Lebaran sebentar laaagiiii !!! nah biasanya neh kalau Lebaran kan pasti ada hidangan khas se Indonesia rata-rata sama deh apa tuh?! ah sudah pada tau deh biasanya Lebaran pasti ada “ketupat” atau “Lontong” taukan bedanya? kalau ketupat bungkusnya pake janur kalau lontong sebagian pake daun pisang sebagian pake plastik, nah untuk versi oarang-orang UDIK/Kampungan seperti diriku ini yg lagi berada di England, alamaak nyari daun pisang susah banget! Di daerahku Inggris selatan bisa beli daun pisang di toko asia cuma..mahal cyiiiinnn trus jauh pulak jadi berhubung Orang udik / orang kampungan seperti aku ini lidahnya tetap udik bin kampungan, pasti sering kangen dg makanan khas Indonesia seperti soto, opor, rendang, dll yg biasanya makanan khas ini ditemenin si “Lontong” ^__^ ugh! kok malah bercerita sih kan mau berbagi “Cara membuat Lontong” 😀

Oke deh untuk Kalian para lidah Udik yg ada di luar Indonesia khususnya menjelang lebaran ini aku akan berbagi cara membuat lontong menggunakan alumunium foil / kitchen foil !

20160630_200525.jpg

mang bisa ya? bikin lontong pake alumunium foil? pasti ada yg bertanya-tanya…yuk mari simak caranya…

*cuci beras dan masak menggunakan panci takaran perbandingan beras dan air adalah 1:1 (bila beras 1cup, airpun 1 cup)

*masak dg api sedang aduk sesekali supaya tidak gosong, setelah air menyusut tp tidak benar-benar kering, matikan api

*tutup panci dan biarkan 15 menit supaya tanet (gak tau apa kata lain tanet ya? maksudnya itu biar g becek gitu) “nasi ini hanya setengah matang”

*siapkan alumunium foil ukuran sesuai yg di inginkan

*isi foil dg nasi, kemudian gulung seperti membungkus permen

*potong kedua ujungnya biar nanti kalau direbus bisa muat pancinya

*tusuk-tusuk seperti halnya bikin lontong pake bungkus plastik

*rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan nasi yg sudah di bungkus, (aku pake rice cooker karena males nungguin kompor 😀 )

*pastikan bungkusan foil ini berenang di panci (maksudnya airnya menutupi semua permukaan foil)

*rebus selama 2-3 jam dg api kecil…dan,

taraaaaa…lontongnya sukses ! ^__*

20160522_173013.jpg
lontongnya cantik dan mulus kenyal duh 😀

Lontongpun siap di santap dg masakan apapun pilihan anda…soto, opor, rendang, sate, gado-gado dan lain-lain *__*

20160522_175243.jpg
Soto ayam yummyy dg Lontong
beautyplus_20151105173932_fast.jpg
gado-gado *ala saya (lontongnya pake brownrice no nasi putih) dg sayuran dan tempe serta telur rebus

Note : untuk membuat lontong selain menggunakan beras putih bisa menggunakan beras coklat atau beras merah, cuma butuh waktu yg lebih lama untuk merebusnya.

Dengan postingan ini aku dan suamiku (MR dan MRS Van Dam) mengucapkan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin… ^__^