Resep pastel Goreng isi Kare

Pertama-tama mari bikin isiannya dulu sebelum bikin kulit pastel πŸ˜‰ karena isiannya kan harus dingin dulu biar kulit pastel gak sobek πŸ˜‡


Bahan isi :

1. 5 buah kentang ( dikupas dan di potong dadu )

2. 1 buah bawang bombay ( dipotong-potong )

3. 2 buah bawang putih ( dicincang )

4. 1/2 dada ayam / 100 gram daging (daging ayam, sapi atau turki seduaikan dg selera )

5. Kare powder

6. Bumbu kare jepang extract ( bisa pakai bumbu kare biasa tapi tambahkan tepung kanji untuk mengentalkan saos kare )

7. Minyak dan air secukupnya.


Caranya :

1. Tumis bawang hingga wangi,

2. Masukkan daging ayam, tumis hingga daging berubah warna

3. Masukkan potongan kentang, aduk hingga rata

4. Tambahkan air secukupnya

5. Aduk rata kudian tutup panci dan kecilkan api. Masak hingga kentang empuk.

6. Masukkan bumbu kare jepang ( bila pakai bumbu kare biasa tumis barengan dengan bawang bombay-nya ).

7. Aduk rata hingga saus mengental (bila pakai bumbu kare biasa pada tahap ini masukkan tepung kanji yg sudah dilarutkan dg sedikit air supaya saos mengental)

8. Matikan api ( isian pun sudah siap ) biarkan sampai dingin sambil kita bikin kulit pastelnya yuk 😍

Untuk videonya bisa lihatΒ di ig ku ya…Β πŸ‘ˆ

Sekarang yuk bikin kulit pastelnya 😍 gak pake ribet loh πŸ˜‡ gak pake telur juga πŸ˜… dan gak perlu mentega / butter loh πŸ˜‰ cukup 4 bahan saja πŸ‘‡ hasilnya kremes yumyum πŸ˜‹ biar udah lama gorengnya tetap kremes 😍


Bahan kulit pastel :

1. 3 cup terigu

2. 1 cup minyak sayur

3. 1/2 cup air

4. Sedikit garam


Caranya :

1. Masukkan terigu ke mangkok besar dan tambahkan garam.

2. Kemudian masukkan minyak sayur sedikit demi sedikit sambil di uleni sampai minyak habis dan tepung tercampur rata dg minyak.

3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus adonan di uleni.

4. Uleni hingga adonan kalis (air bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bila kurang basah tambah lagi)

5. Taburkan terigu pada papan / meja dapur ( pastikan papan / meja sudah bersih )

6. Gulung memanjang adonan yg sudah kalis

7. Potong-potong adonan sesuai selera (mau pastel gede atau mini) bisa di sesuaikan πŸ˜‡

8. Ambil potongan dan mulai di giling berbentuk bulat ( gak perlu perfect bulat banget ya πŸ˜… ) Β kayak ini πŸ‘‡ is ok πŸ˜‡

9. Isi adonan dg isian kare


10. Kemudian lipat jadi setengah lingkaran dan mulai dicubit-cubit garis sisinya.


11. Pastel siap di goreng 😍 ( gorengnya 2x πŸ˜‡ 1x dg api kecil hingga pastel berwarna coklat pucat. Kemudian angkat dan besarkan api, lalu goreng lagi sekitar 30 – 40 detik saja / hingga pastel berwarna coklat keemasan Β πŸ‘‡

tips : bisa di oven juga ya πŸ˜‰ dalam suhu 180 derajat selama kurang lebih 20 – 25 menit / hingga pastel berwarna coklat keemasan πŸ˜‡

Pastel goreng isi kare

Pastel Goreng isi kare siap disajikan ☝

Video cara bikin kulit pastel bisa dilihatΒ di ig ku ya…Β πŸ‘Œ

Selamat mencoba 😍😍😍

Balada Bumbu kare Indonesia di Inggris

Cara bikin Lontong dg foil baca di sini

Waktu aku kecil belum ada makanan instans seperti indomie, supermie dll apalagi bumbu instant ! Listrik dan TV aja belum ada di kampungku waktu itu 😅 jadi semua segala sesuatu tuh masih sangat alami, 

Tiap kali emmakku masak pasti nguleg 😅 gak kayak jaman sekarang apa-apa serba instans…bumbu kare instans,bumbu soto,bumbu rendang dll semuanya tersedia dalam kemasan instans. 

Tapi aku tidak biasa dg bumbu instant…jadi walau sekarang aku tinggal di Inggris , tetap aku selalu memutar otak untuk bikin bumbu-bumbu sendiri dg rempah-rempah seadanya yg bisa aku beli di sini.

Bisa dilihat di foto di atas deretan bahan-bahan bumbu kare,

Jahe, bawang putih, bawang merah (aku tambahin bawang bombay) krn bawang merahnya kurang banyak dan sudah habis 😅, kemiri, daun jeruk purut (gak nemu yg fresh adanya yg kering ya sudahlah 😅 ) , cabe merah kering (aku rebus biar lunak) *belajar dari emmakku sih kalo bikin bumbu kare pake cabe kering biar bumbunya kemerahan gitu kata emmak 😅 , laos/lengkuas aku pake yg powder 😅 , merica, ketumbar dan kunyit pun pake yg powder 😅 *oh iya sebagian orang bikin bumbu kare g pake ketumbar tapi ini resep emmakku pake ketumbar enak 😍 trus kalo orang singapura bikin kare pake daun kare aku sih nggak…cukup daun jeruk purut saja, trus bisa di tambahin daun serreh berhubung daun serreh sangat mahal ! Disini 4 batang serreh ukuran 7cm harganya 1.50 pound lebih dari 20ribu rupiah…ogah ah 😅 mahal amit 😅

Kemudian semua bahan aku masukin ke mangkok besar dan diblender dg blender tangan *gak nguleg lah ntar encok tanganku 😅

Trus aku tambahkan minyak biar cepat halus *jangan tambahin air ntar nyiprat kemana-mana pas digoreng 😅

Tuh kan udah halus 😍 gak capek nguleg dan gak pake lama 😝 bumbu pun siap digoreng dg api kecil biar gak gosong.

Sudah selesai dan siap disimpan di kulkas buat stok bumbu πŸ˜‰ bumbu ini tahan laaamaaa aku freezer aja biar tahan lebih lama.

Trus kalo mau masak kare cukup ambil 1sendok ato 2 sendok saja,

Tumis bumbu dan ayam dan kentang,

Tambahkan air secukupnya/santan cair,

Biarkan sampai mendidih, tutup panci dan kecilkan api, masak selama 20-30 menit kemudian masukkan santan kental, dan tambahkan garam dan gula secukupnya.

Kare pun siap dihidangkan,

Aku bikin urap juga 😅 caranya gampang cukup pake kelapa parut saset, panaskan teflon masukkan air tambahkan bawang putih powder dan ketumbar powder ,garam dan gula secukupnya dan 2 lembar daun jeruk purut kering, setelah mendidih masukkan kelapa parut aduk rata…siap di urap-urap dg sayuran pilihan anda πŸ˜‰

Aku pake kubis dan wortel trus buncis dan kacang panjang dapat metik dari kebunku 😍

Kombinasi kare dan sayur urap pun jadi makan malamku 😋

NB : bumbu kare ini juga bisa untuk bumbu ikan/seafood asam pedas atau untuk bumbu ayam masak merah 😍

Have a good day every one πŸ˜‰

Resep ayam isi

resep keylime pie di link ini :

https://istribulebagus.wordpress.com/2016/05/31/resep-keylime-pie-tanpa-oven/

bahan-bahannya :

*dada ayam (dipentung-pentung) *duh bahasanya pake pentungan πŸ˜€ * biar tipis dan tebalnya sama rata

*2 buah bawang putih dicincang

*50 gram bayam dipotong-potong

*50 gram jamur dipotong-potong

*50 gram keju chedar parut

*1 bungkus keju mozarella (kalo ada)

*garam secukupnya

*1sdt minyak goreng *untuk menumis

*1sdm minyak goreng untuk menggoreng ayam isi

caranya :

*tumis bawang putih hingga wangi, masukkan jamur dan bayam, tumis hingga layu dan tambahkan garam secukupnya, sisihkan

*isi dada ayam yg sudah dipentungin dg keju parut, lalu tumisan bayam dan jamur

*gulung dan goreng (pake tusuk gigi biar gulungan daging tidak terbuka saat di goreng)

“untuk yg gak ada oven dan tak ada mozarella, proses masak cukup sampai disini ( ayam isi di goreng hingga matang)”

Dan untuk yg punya oven dan ada mozarella proses lanjut di oven, waktu goreng ayam isi gak perlu sampai matang tapi cukup ngasih warna di luar saja biar kecoklatan.

*kemudian topping dg keju mozarella dan cabe jalapeno bila suka pedas atau chilli flake atau tomat*

*panggang dalam oven hingga keju meleleh dan daging matang sempurna sekitar 15menit dalam suhu 240 derajat.

Ayam isi pun siap di hidangkan ^__^

20160601_174952.jpg

enak-enaaaak πŸ˜€

Resep Keylime pie (tanpa oven)

resep ayam blackbean souce di link ini :

https://istribulebagus.wordpress.com/2016/05/08/resep-ayam-blackbean-souce/

halo semuanya…aku mau berbagi resep cara bikin keylime pie paling gampang dan tidak ada proses di oven, trus ini sangat berguna buat kalian yg lagi panen alpokad karena disini aku akan bikin pie pake alpokad ^__^

beautyplus_20151224100636_fast.jpg
bisa di cetak kyk gini
beautyplus_20151224100703_fast.jpg
ini penampakan dari atas
20160413_164505.jpg
atau yg gampang seperti ini

bahan-bahan dan caranya :

*bahan pie*

2 buah alpokad yg cukup matang,*belah dan ambil dagingnya

100 gram kacang mente yg sudah matang (goreng atau sangrai) ” boleh di ganti dg kacang yg lain,

150 gram gula halus / setengah kaleng susu kental manis

2 buah jeruk nipis / jeruk lemon, *ambil jusnya

1 sdt vanila bubuk / cair

*caranya,

*blender kacang mente sampai agak halus, masukkan alpokad dan perasan jeruk nipis kemudian tambahkan gula/susu kental manis dan vanila, blender sampai tercampur rata, sisihkan.

*bahan saos coklat dan caranya,

bahan-bahan :

*1 kaleng santan kelapa (diamkan dalam kulkas 1 malam) *boleh di ganti dg “double cream”

*1 bungkus choco chip / 100 gram coklat bar

*1 sdt mentega

*caranya,

*masukkan choco chip dan santan ke dalam mangkok tambahkan santan kelapa “ambil bagian yg kental/atas ” (kalo santan di diamkan dalam kulkas 1 malam maka bagian santan yg kental akan terpisah dg yg cair,yg atas santan yg kental yg bawah cuma cairan)

*masukkan mangkok yg sudah di isi choco chip dan santan kental ke dalam microwave (selama 1-2 menit) *perhatikan jagan sampai santan meluap.(kalo tak ada microwave, pake panci kecil dan panaskan di kompor hingga cukup panas tapi tidak mendidih).

*kemudian keluarkan dari microwave trus di tutup selama kurang lebih 30 detik *jangan langsung di aduk, biar coklat meleleh dg sempurna. (sama halnya bila pake kompor, setelah cukup panas jgn langsung di aduk tapi tutup panci sesaat)

*kemudian baru di aduk hingga rata, lalu tambahkan mentega sambil terus di aduk. (fungsi mentega ini untuk membuat saos coklat kelihatan berkilau)

*saos siap, sisihkan

*bahan crustnya*

*pake biscuit oreo atau biscuit apa saja sesuai selera

*di hancurin seperti gambar di bawah ini, lalu masukkan pada masing-masing cetakan

 

20160413_162911.jpg

*lalu masukkan adonan pie nya,

20160413_163859.jpg

*terakhir masukkan saos coklatnya,

20160413_164505.jpg

KEYLIME PIE dalam mangkok pun sudah selesai, dinginkan dalam kulkas 1 jam sebelum di sajikan.

UNTUK KEYLIME PIE SEPERTI INI,

CARANYA,

*biscuit yg sudah di hancurin tadi di campur dg minyak kelapa / minyak zaitun hingga agak basah, lalu tekan-tekan pada cetakan paling dasar, kemudian masukkan adonan pie nya kemudian topping dg saos coklatnya dan tambahkan buah potongan kiwi / buah strawberry sebagai hiasan.

*diamkan dalam kulkas kurang lebih 1 jam sebelum disajikan ^__^

Resep ayam Blackbean sauce

resep mihun goreng saos tiram di link ini :

https://istribulebagus.wordpress.com/2016/05/08/resep-mihun-goreng-saos-tiram/

Bahan-bahan :

200-300 gram ayam (paha/dada/sayap)

1sdm jahe diiris

2sdt saos blackbean

gula secukupnya

1gelas air

1sdt minyak

2sdm daun kemangi dicincang kasar

Caranya :

tumis jahe hingga wangi, masukkan ayam tumis hingga berubah warna, tambahkan air dan saos blackbean, aduk rata tutup dan masak dg api kecil selama 30-40 menit/ hingga matang, tambahkan gula secukupnya aduk rata dan terakhir masukkan daun kemangi, walla…ayam saos blackbean siap di hidangkan…

ayam saos blackbean siap dihidangkan,

20160508_173348.jpg

Resep mihun goreng saos tiram

resep nasi ayam di link ini :

https://istribulebagus.wordpress.com/2016/05/08/resep-nasi-ayam/

bahan-bahan :

100 gram mihum (direndam dg air biasa selama 20menit/sampai lunak)

50 gram wortel dipotong korek api

50 gram kubis diiris

50 gram taoge

50 gram jamur

2sdm bawang daun dipotong-potong

air 1 gelas

1sdm minyak

Bumbu :

1sdm bawang putih dicincang

saos tiram secukupnya

Caranya :

tumis bwg putih hingga wangi, lalu masukkan jamur dan terus tumis hingga jamur layu, masukkan wortel dan kubis tumis lagi hingga kubis dan wortel layu kemudian tambahkan 1 gelas air dan saos tiram secukupnya, biarkan hingga mendidih baru masukkan mihun yg sudah direndam, aduk rata masak dg api sedang hingga air terserap baru masukkan taoge dan potongan daun bawang aduk rata, sajikan… ^__^

mihun goreng saos tiram siap di sajikan,

20160508_173419.jpg

Resep Nasi ayam

Resep sate madura di link ini :
https://istribulebagus.wordpress.com/2016/05/05/resep-sate-madura/?preview=true

Bahan-bahan :

*200-300 gram ayam (paha/dada/sayap)
*1cup takaran nasi (dicuci dan di rendam 20-30menit kasih sedikit garam biar nasi lebih gurih) tiriskan.

*2sdm Bawang putih ciincang dan

*1sdt garam

*7 iris jahe

*2sdm butter / mentega

Caranya :


*Panaskan wajan / teflon masukkan mentega lalu goreng ayam sampai berubah warna, angkat dan sisihkan.

*tumis bawang putih dan jahe hingga wangi pakai mentega bekas goreng ayam lalu masukka beras yg sudah direndam tumis sebentar,

*Kemudian masukkan ke ricecooker dan tambahkan air seperti biasa ketika menanak nasi (aku pake brownrice jd 1cup : 3cup air kebetulan brownrice merk yg ini nasinya keras )

*tambahkan 1sdt garam
*taruh ayamnya di atas beras dan masak bareng dalam ricecooker

Nyalain ricecookernya seperti biasa,biarkan hingga matang dan jgn buka ricecooker 10menit setelah nasi matang,

*mari bikin sambal nasi ayamnya,

(Biasanya sambalnya pisah-pisah, ada parutan jahe, bwg putih dan cabe) disini aku jadiin satu,
*bwg putih 1 buah
*jahe 1/2 ruas jari
*cabe rawit 1 buah
# blender semua bahan sambal dg sedikit air/pakai air kuah ayam #

*sekarang bikin kuah sup ayamnya

20160505_154510.jpg

#aku pake 1 sayap ayam ,1 batang daun bawang dan 3 iris jahe, 3gelas air, rebus hingga mendidih lalu kecilkan api dan masak selama 20-30menit kira-kira sup sisa 2 gelas , tambahkan garam secukupnya,

 

Nasi ayam siap disajikan dg sup dan sambal 😍

20160505_173707.jpg